SHARE

Universitas Kristen Petra (UK Petra) dalam menjalankan visinya menjadi universitas yang global, menjalin kerjasama berbagai negara di seluruh dunia. Salah satu bentuk kerjasamanya dengan digelarnya International Vaganza di bawah naungan Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) UK. Petra. International Vaganza merupakan sebuah acara rutin tahunan yang dimeriahkan oleh kehadiran para mahasiswa asing yang bertujuan untuk memperkenalkan aneka budaya dari negara-negara asal para mahasiswa asing yang sedang belajar di UK. Petra. Selain itu, acara ini menjadi sarana untuk membagikan informasi dan pengalaman kepada mahasiswa UK Petra mengenai kesempatan mengikuti berbagai program kerjasama internasional yang diselenggarakan di UK.Petra.

Mengangkat tema “Fantasix”, International Vaganza 2016 mengundang 14 mahasiswa asing dari enam negara untuk menjadi host dalam acara tersebut. enam negara itu adalah Jerman, Belanda, Italia, Mesir, Thailand, dan Korea Selatan. Tidak hanya mahasiswa asing, mahasiswa UK Petra yang pernah mengikuti program kerjasama internasional dan Petra Mate juga ikut serta di dalamnya. Acara yang diadakan pada 4 November 2016 di Atrium Gedung Radius Prawiro ini dihadiri oleh sekitar 250 civitas akademika UK Petra bersama dengan mahasiswa-mahasiswa universitas rekanan UK. Petra.

Terdapat 10 booth yang dapat dikunjungi, terdiri dari booth enam  negara, Student Exchange, Summer Program, dan Joint/Double Degree. Uniknya, di setiap booth negara menyajikan berbagai makanan khasnya. Sebagai contohnya Jerman menyajikan Pretzel, sejenis kue dengan rasa asin dan sedikit manis. Belanda menyajikan Poffertjes, cemilan kecil yang renyah. Italia menyajikan Cold Pasta yang berisi makanan segar dengan saus Italia. Mesir menyajikan Egyptian Lentils Soup, perpaduan kacang hijau dan kentang dengan rasa yang sedikit pedas. Thailand menyajikan Green Papaya Salad yang segar, dan Korea Selatan menyajikan mie Samyang yang terkenal dengan rasanya yang sangat pedas. Tidak hanya itu, mahasiswa-mahasiswa asing pun menghibur para pengunjung booth International Vaganza 2016 dengan berbagai macam penampilan seperti menari, menyanyi, memainkan games, dan lain-lain. Ivana, mahasiswi Program Studi International Business Management (IBM) angkatan 2014 selaku ketua panitia di dalam sambutannya mengatakan, “Saya berharap melalui acara ini, kita semua bisa sama-sama belajar tentang budaya-budaya dari berbagai negara dan juga bisa menambah pengetahuan global”.

Di tengah berjalannya acara, Johannes Regitz, salah satu mahasiswa dari Hochschule Mainz University of Applied Sciences Jerman menyampaikan testimoninya, “International Vaganza merupakan acara yang sangat bagus. Kami bisa mendapatkan pengalaman yang seru bersama dengan teman-teman dari negara lain disini. Selain itu, kami juga bisa dengan bangga mewakili dan memperkenalkan negara kami. Banyak yang harus kami lakukan untuk mempersiapkan segala sesuatunya, tetapi semua kelelahan terbayarkan dengan keseruan hari ini”. Mahasiswa yang belajar di Program Studi International Business Accounting (IBAcc) dan International Business Management (IBM) UK Petra selama satu semester ini pun memberikan motivasi kepada mahasiswa-mahasiswa lainnya mengenai student exchange. Dia mengatakan bahwa mengikuti program seperti ini membuat kita menghidupi kehidupan yang baru. Di awal, kita mungkin merasa takut. Tetapi sebenarnya tidak ada alasan yang membuat kita takut, karena kita akan mendapat pengalaman yang sangat berharga. Menjalani sesuatu yang berbeda dapat menolong kita untuk mengenali diri dan mengenali negara kita sendiri. Yang terpenting adalah kita bisa belajar untuk lebih menghargai negara asal kita. (ck/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here