SHARE

Globalisasi akan membawa keuntungan bagi tenaga kerja ahli. Menjadi tenaga ahli adalah mempersiapkan diri dengan kompetensi yang cocok dengan yang dibutuhkan. Program Otomotif menghadirkan solusi untuk tantangan tersebut.

Program Otomotif UK Petra awalnya adalah bidang studi yang terintegrasi di dalam Program Studi Teknik Mesin UK Petra sejak awal berdirinya di tahun 1982. Atmosfer perkembangan industri otomotif yang sangat pesat  pada awal tahun 2000-an membawa peluang dan juga tantangan. Kebutuhan atas tenaga kerja berkompetensi meningkat seiring dengan semakin spesifiknya kompetensi yang diperlukan di industri otomotif. Dari hasil survey untuk mengidentifikasi kebutuhan industri dan minat pelajar SMA, dimulai inisiatif untuk membentuk Program Otomotif UK Petra. Program ini dibuka pada tahun 2009. Saat ini program ini sudah mencapai status akreditasi A. Kondisi dimana program ini adalah satu-satunya program otomotif di Jawa Timur memberikan suatu keunggulan unik tersendiri.

Kurikulum di program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan teknik dan manajerial. 15% dari kurikulum di program ini dispesifikkan untuk pengetahuan manajerial. Selain pengetahuan tersebut, mahasiswa juga akan ditingkatkan kemampuan praktek di lapangan dengan kegiatan di laboratorium maupun kegiatan di industri otomotif yang menjadi rekanan. Proporsi kurikulum ini adalah 60% teori dan 40% praktek.

Kegiatan pembelajaran di industri bisa berupa studi ekskursi untuk mengamati secara langsung kegiatan perindustrian otomotif, dan juga praktek kerja maupun magang. Dalam setiap kegiatan ini mahasiswa akan melakukan perbaikan dan pengembangan dalam proses industri perusahaan yang bersangkutan. Dari pembelajaran ini maka pengetahuan dan kemampuan praktek yang didapatkan mahasiswa akan menjadi lebih teraktualisasi karena sudah diaplikasikan secara nyata di lapangan.

Skill set spesifik yang didapatkan lulusan membuka lahan karir ideal yang juga spesifik. Lulusan program ini akan unggul berkarir di bidang desain peralatan otomotif, research and development, dan produksi industri otomotif.  Sebagai gambaran, alumnus dari program ini yang pertama lulus pada tahun 2013. Diantaranya ada yang sudah berkarir sebagai manajer produksi di salah satu perusahaan agen tunggal pemegang merek motor Jepang terkemuka di Indonesia. Ada juga yang berkecimpung sebagai wirausahawan di dunia otomotif, seperti: bisnis bengkel modifikasi mesin dan body otomotif; penjualan asesoris otomotif; dan perusahaan transportasi.

Mahasiswa otomotif aktif mengembangkan diri dalam kompetisi di dunia otomotif. Tercatat sudah rutin aktif mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi tingkat nasional. Selain sebagai peserta kompetisi, program ini juga menyelenggarakan kompetisi desain otomotif tingkat internasional. Kompetisi desain bertajuk Autosketch ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015. Peserta Autosketch kebanyakan berasal dari negara-negara asing seperti Italia, Jepang, Jerman, Meksiko, India, dan lain sebagainya.

Formula pengetahuan teori, kemampuan praktek dan kegiatan yang didapatkan dalam perkuliahan di Program Otomotif akan menghasilkan lulusan  dengan kualifikasi spesifik yang dibutuhkan di industri otomotif, dengan trend bertambahnya kendaraan di seluruh dunia, maka kebutuhan itu akan selalu ada dan juga akan senantiasa bertambah. Dengan demikian kita bisa simpulkan bahwa prospek yang dihadapi lulusan program ini adalah prospek yang cerah. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here