SHARE

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat. Kanker dapat terjadi pada siapapun tanpa memandang latar belakang ataupun usia. Bagi para wanita, kanker payudara merupakan salah satu momok yang menakutkan. Usia mudapun tidak luput dari kanker payudara. Menurut data dari Rumah Sakit Onkologi Surabaya, pengidap kanker payudara termuda di Surabaya berusia 16 tahun. Hal ini sangat mengkhawatirkan, masyarakat seringkali tidak berinisiatif untuk pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan dengan berbagai alasan seperti tidak adanya waktu atau biaya. Melihat kondisi ini, mahasiswa Public Relations (PR) Program Studi Ilmu Komunikasi UK. Petra menggelar kegiatan bertajuk Stand Up for Love yang berupa kampanye Breast Cancer Awareness, pemeriksaan Kanker Payudara Gratis dan Mini Charity Concert.

“Acara ini merupakan bagian dari proyek Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata kuliah Manajemen Event. Tema Stand Up For Love diangkat untuk menggambarkan keinginan mahasiswa PR UK Petra untuk membagikan kasih bagi para penderita kanker, terutama kanker payudara,” ungkap Filemon, ketua panita dari acara Stand Up for Love. Kampanye deteksi gejala kanker payudara dilaksanakan di empat tempat, yakni: Universitas Kristen Petra, Pakuwon Imperial Ballroom (16 Oktober 2016), Tunjungan Plaza Mall 4 (15 Oktober 2016) dan Main Atrium Grand City Surabaya (10 September 2016). “Harapannya dengan adanya kampanye ini maka kesadaran masyarakat terutama masyarakat perempuan mengenai pentingnya deteksi kanker payudara dini dan bagaimana cara melakukan deteksi dini pada diri sendiri”, urai Filemon. Uniknya, para mahasiswa ini berusaha untuk menarik perhatian masyarakat dengan melakukan berbagai cara. Seperti fashion show serba pink di Main Atrium Grand City, drama bertema kepedulian terhadap kanker payudara di Tunjungan Plaza 4, dan membuat photo contest pada acara Run to Give di Pakuwon Imperial Ballroom dan melakukan flash mob pada semua tempat kampanye. Mahasiswa juga membagikan pembatas buku berisi gerakan-gerakan untuk memeriksa gejala kanker payudara agar masyarakat dapat melakukannya sendiri di rumah.

Tak hanya itu saja, selama dua hari mulai tanggal 22-23 November 2016, bekerja sama dengan Rumah Sakit Onkologi Surabaya (RSOS) mengadakan pemeriksaan kanker payudara gratis bagi kalangan internal UK Petra. Dalam pemeriksaan tersebut para dokter melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya benjolan sekaligus mengajarkan secara langsung gerakan sadari gejala kanker payudara kepada setiap peserta check up. Sebagai acara puncak, Mini Charity Concert digelar pada tanggal 25 November 2016 di AVT. 502 Universitas Kristen Petra. Ada banyak talent-talent yang berpartisipasi dalam acara Mini Charity Concert ini, diantaranya adalah: Mega Pistia (Big 23 Rising Star Indonesia 2015), Yotari Kezia (40 Besar Indonesian Idol 2012), Abi Bayu sebagai presenter acara ini, ballerina, lyrical dancer, pemain orchestra dan banyak lainnya. Dengan berbagai talent-talent yang berpartisipasi, acara menjadi hidup dan menarik. Pada akhirnya, sebagai bentuk kasih kepada para penderita kanker, 25% dari pendapatan tiket masuk serta pengumpulan sumbangan pada acara diberikan kepada Yayasan Kanker Indonesia (YKI). (Kes)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here