Home Info Prodi Teknik Industri

Teknik Industri

Kemampuan Teknis dan Manajerial untuk Industri

423
0
SHARE

Program Studi Teknik Industri didirikan pada tanggal 28 April 1992 dengan nama Teknik Manajemen Industri. Menjawab kebutuhan atas tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknis dan manajerial di bidang industri. Sejak tahun 1999, program studi ini sudah mendapatkan akreditasi A yang dipertahankan sampai saat ini.

Fokus Prodi adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknik industri yang handal, mempunyai leadership, communication dan teamwork skills, berintegritas, mempunyai nilai-nilai luhur dan berdedikasi tinggi.Hal ini sejurus dengan visi program studi ini yaitu: “Menjadi program studi teknik industri yang peduli dan diakui secara nasional dan internasional dalam keilmuan, yang berkomitmen pada nilai-nilai kristiani”.
Ada tiga peminatan yang bisa diambil oleh mahasiswa dalam program studi: Logistics, Quality management, dan Process Development. Ketiga peminatan ini mencapai kedalaman spesialisasi spesifik industri dan juga mencakup beragam bidang yang dibutuhkan di industri.

Untuk mengaktualisasi ilmu mahasiswa, diselenggarakan kerjasama dengan banyak industri. Mahasiswa Teknik Industri akan mendapatkan pengalaman langsung di perusahaan dalam kegiatan: studi ekskursi, kerja praktek, dan magang. DI awal perkuliahan, studi ekskursi membantu para mahasiswa untuk mendapatkan gambaran dunia profesional. Di semester keenam, kerja praktek memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat di perkuliahab pada setting pekerjaan. Dalam magang, mahasiswa tingkat akhir akan membantu perusahaan memberikan solusi pada permasalahan atau mengembangkan perusahaan.

Kegiatan perkuliahan didukung dengan fasilitas laboratorium yang aktual. Laboratorium Perancangan Sistem Industri dimana ilmu-ilmu yang didapatkan bisa diintegrasikan dalam kegiatan mendesain dan menjalankan suatu sistem industri. Laboratorium Optimasi & Simulasi dimana mahasiswa bisa mensimulasi suatu sistem industri dan mengoptimalkannya dengan bantuan software Promodel. Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi dimana mahasiswa belajar untuk mendesain sistem kerja yang efisien, efektif, dan memungkinkan interaksi yang baik antara human factor dan bagian sistem yang lain. Selain laboratorium di atas, tersedia juga: Laboratorium Sistem Kualitas, Laboratorium Statistika, Laboratorium Fisika, Laboratorium Komputer, Laboratorium Manufaktur, Laboratorium CADE, dan Laboratorium Logam.

Melalui semua hal di atas, diharapkan lulusan Program Studi Teknik Industri UK Petra  akan sesuai dengan Komitmen Prodi TI, yaitu menghasilkan lulusan yang: berkemampuan tinggi dalam keilmuan teknik industri; memiliki kecakapan leadership, communication dan teamwork; mempunyai semangat, integritas, daya juang, dan nilai-nilai luhur; mampu bersaing di era global; memiliki jiwa kewirausahaan.

Dengan spesifikasi keahlian teknis dan manajerial seperti yang disebut di atas, lulusan prodi ini akan bisa menjadi unggul di bidang yang luas. Bidang ini mencakup jabatan-jabatan seperti: Production Planning Inventory Control Engineer, Human Resource Development Officer, Account Officer, ISO/Audit Internal Engineer, SAP Support, dan berbagai fungsi lain. Mereka akan bisa mengisi posisi tersebut dan menunjukkan karakter yang unggul sebagai anggota tim dan juga individu yang bisa mengembangkan diri serta keilmuannya. (noel)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here