Home Info Prodi Teknik Informatika

Teknik Informatika

Ahli Teknologi yang Meningkatkan Kualitas Hidup

897
0
SHARE

Saat ini, dunia sedang mengalami perkembangan teknologi yang pesat. Hal ini dipicu oleh perkembangan komputer dan teknologi informasi. Sejak akhir abad ke-20, sesuai dengan hukum Moore, kapasitas komputer berlipat ganda setiap tahunnya. Akhir-akhir ini kita akrab dengan Industrial Revolution 4.0. Revolusi industri yang terbaru ini bercirikan lebih terintegrasinya internet dalam setiap aspek fisik kehidupan. Dalam atmosfer ini, orang-orang dengan kemampuan di bidang informatika dan teknologi informasi beroleh peran yang krusial. Untuk kebutuhan ini, Program studi Teknik Informatika UK Petra mengusung visi: “Menjadi program studi yang mempunyai reputasi internasional dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta menghasilkan lulusan yang mampu mendayagunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas hidup (enhancing human life) berdasarkan iman Kristen dan mampu berperan dalam pasar global”.

Program Studi Teknik Informatika UK Petra diawali sejak dibukanya Bidang Studi Teknik Komputer di Program Studi Teknik Elektro pada tahun akademik 1992/1993. Secara resmi program studi ini didirikan pada tahun 1998. Pengakuan akademis secara resmi sudah diperoleh dalam bentuk Akreditasi A sejak tahun 2009 dan dipertahankan sampai saat ini.
Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dapat memilih dua peminatan, yaitu: Informatika atau Teknologi Informasi. Peminatan Informatika membekali mahasiswa dengan keahlian membuat program untuk keperluan segala jenis bidang industri. Lebih spesifik lagi, kemampuan yang didapatkan di sini adalah kemampuan pemrograman dan logika, rekayasa perangkat lunak, serta teknik-teknik pemrograman lanjut.

Peminatan Teknologi Informasi membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi informasi pada setiap organisasi yang membutuhkannya mulai dari perencanaan infrastruktur, implementasi, hingga pemeliharaan sistemnya. Secara spesifik, mahasiswa mendapatkan pengetahuan dasar komputer, pengetahuan jaringan komputer, administrasi jaringan komputer, keamanan komputer, administrasi basis data, desain dan analisa kebutuhan sistem.

Ada enam laboratorium yang menunjang pembelajaran di Program Studi Teknik Informatika. Laboratorium Pemrograman untuk praktikum pemrograman dan rekayasa perangkat lunak, Laboratorium Game dan Virtual Reality untuk riset, Laboratorium Sistem Informasi untuk praktikum sistem informasi dan program aplikasi, Laboratorium Sistem Cerdas untuk menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan kecerdasan buatan, Laboratorium Multimedia untuk praktikum Grafik Komputer dan Sistem Multimedia. Dengan semua fasilitas ini, mahasiswa bisa menerapkan pengetahuan yang didapatkan dalam praktek.

Dengan seperangkat keahlian dan pengetahuan yang spesifik, lulusan program studi ini akan siap untuk berkarya dan berkembang lebih jauh lagi dalam karir di bidang Informatika dan teknologi informasi. Di bidang informatika, prospek profesinya adalah sebagai: System Programmer, Web Programmer, System Analyst, System Developer, Web Developer, Software Designer dan berbagai profesi spesifik lain. Di bidang teknologi informasi, prospek profesinya adalah: Network Administrator, Network Security Expert, Database Administrator, Web Designer, Internet Developer, Multimedia Integrator, Mobile Device Developer & Programmer, dan berbagai posisi spesifik lainnya. (noel/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here