Home Edisi Spesial Wisuda Ke-71 Tirsa Endeli Tumbelaka, M.T

Tirsa Endeli Tumbelaka, M.T

Wisudawan IPK Tertinggi S2 Teknik Sipil

920
0
SHARE

Tirsa Endely Tumbelaka menjadi wisudawan Magister Teknik Sipil dengan IPK terbaik di wisuda Februari 2017 ini. Wanita yang sebelumnya menempuh pendidikan di SMAK Rex Mundi Manado dan S1 Teknik Sipil UK Petra ini mencatatkan IPK 3,97. Prestasi ini bisa ia capai walaupun kegiatannya juga dipenuhi kesibukan pekerjaannya di bagian Cost Control suatu perusahaan kontraktor di Surabaya.

Tesis sebagai tugas akhir Tirsa berjudul “Studi Kasus Analisa Faktor-faktor penyebab Sisa Material Besi Beton dan Upaya Solusinya pada Satu Perusahaan Kontraktor Umum Gred 7 di Surabaya”. Kepedulian terhadap pembangunan yang berkesinambungan adalah hal yang melatarbelakanginya memilih tema ini. Ia melihat adanya permasalahan di mana material yang paling sering tersisa dalam proyek konstruksi adalah material untuk beton seperti pasir dan semen, material besi beton, dan batu bata. Dari penelitiannya, ia mendapatkan faktor penyebab sisa material ini adalah kurangnya manajemen pekerja dan metode pekerjaan. Ia mengusulkan solusi untuk faktor ini yang berupa: pelatihan pembuatan bar bending schedule, perencanaan metode kerja, dan penjadwalan proyek.

Wanita yang bercita-cita memiliki usaha sendiri dan juga menjadi dosen ini memiliki motto hidup berpedoman pada Markus 11:24. Dari ayat ini, Tirsa mensarikannya menjadi: “Tidak ada hal yang tidak dapat dilakukan selama kita memiliki komitmen untuk sungguh-sungguh berusaha dan memintanya dalam doa”. (noel/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here