SHARE

Semakin berkembang. Universitas Kristen Petra membuka satu lagi program baru yaitu Program International Business Engineering (IBE) yang akan memulai perkuliahannya pada Agustus 2017 yang akan datang. IBE ini hadir untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang memiliki kemampuan teknis yang mendalam dan pengetahuan di bidang bisnis yang luas. Spesifikasi seperti ini dikenal sebagai T-shaped Engineer yang dipersiapkan untuk menjawab tantangan global yang dinamis serta meraih kesempatan-kesempatan di era global. Lahir dari program studi Teknik Industri, tradisi pendidikan berkualitas dan capaian akreditasi A menjadi nafas dalam program IBE ini. IBE lebih berfokus pada sisi manajemen bisnis untuk menghasilkan T-shaped Engineer, maka dari itu mahasiswa IBE mendapatkan muatan pendidikan finance dan business analytics. Selain itu, bahasa yang dipakai dalam perkuliahan dan berinteraksi di area perkuliahan IBE menggunakan bahasa inggris.

Program IBE ini mengusung visi: ‘Menjadi Program Studi Teknik Industri yang peduli dan diakui secara nasional dan internasional dalam keilmuan, yang berkomitmen pada nilai-nilai kristiani’. Visi tersebut kemudian diterjemahkan menjadi misi program, yaitu: ‘Menyelenggarakan pendidikan teknik Industri untuk memajukan dunia industri melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang berkomitmen pada nilai-nilai kristiani dan berpilar pada: 1) kepedulian; 2) wawasan global; 3) kualitas unggulan; 4) efektivitas dan efisiensi; 5) teknologi informasi’.

Untuk mendukung misinya, nilai kepedulian tersebut dinyatakan dalam setiap rancangan kurikulum yang bermuatan character building dan Metode Service Learning yang sudah terintegrasi dalam kurikulumnya. Dengan integrasi Service Learning dan kegiatan pengabdian masyarakat ini maka diharapkan mahasiswa IBE akan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan wawasan global dihadirkan melalui kegiatan-kegiatan dengan arah internasionalisasi. Kegiatan-kegiatan ini berupa studi ekskursi internasional, kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan profesional luar negeri dan juga kuliah umum. Tak perlu diragukan lagi, para dosen, laboran dan persona pendidikan IBE sudah berpengalaman dan terbukti dalam memberikan pelayanan dan pendidikan yang berkualitas. Begitu pula aspek teknologi informasi diejawantahkan di mata kuliahnya seperti E-business Management, Enterprise Resource Planning dengan menggunakan perangkat lunak SAP, dan juga pembelajaran Spreadsheet Concept and Application. Globalisasi sudah menjadi tantangan yang harus dihadapi maka dari itu internasionalisasi merupakan salah satu kuncinya dan Program IBE hadir dengan tujuan melahirkan world-class alumni. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here