SHARE

Torehan prestasi kembali tercatat dalam daftar kemenangan mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) di kompetisi tingkat nasional. Pada bulan November 2016 lalu, dua mahasiswa Program Manajemen Keuangan berhasil mengharumkan nama UK Petra pada Lomba Penulisan Artikel Ilmiah ‘Journal of Business and Banking (JBB)’ yang diadakan oleh STIE Perbanas Surabaya. Tema lomba ini adalah Bisnis dan Perbankan dengan sub tema yang dijadikan untuk bahan penulisan antara lain Banking & Finance, Manajemen Sumber Daya Manusia, Marketing, dan Entrepreneurship.

Loe Irene Kusuma dan Noviana Anggun  adalah dua mahasiswa Program Manajemen Keuangan angkatan 2014 yang tergabung dalam satu tim. Keduanya berhasil menyabet juara 2 mengalahkan kompetitor lainnya. Awalnya, kedua mahasiswa ini mengetahui tentang lomba tersebut dari dosen mata kuliah Time Series, Gesti Memarista, S.E., M.SM. Irene dan Noviana diberi tugas kuliah untuk melakukan penelitian yang mengacu pada jurnal internasional. “Awalnya, kami menghadapi kesulitan dalam memilih topik dan judul penelitian, kemudian Ibu Gesti menyarankan kami untuk mengambil topik tentang kointegrasi pasar saham ASEAN-5,” terang Noviana. Tugas mata kuliah Time Series tersebut berlangsung selama satu semester sehingga Noviana dan Irene merasa tugas tersebut sangat sulit. “Karena itu, kami memutuskan untuk sekalian saja mengikutkan tugas kami dalam Lomba Penulisan Artikel Ilmiah ‘Journal of Business and Banking (JBB)’ tersebut,” tambahnya. Sebagai konsekuensinya, Noviana dan Irene harus bekerja lebih keras dan lebih cepat dibandingkan teman-teman lain di kelas karena lomba tersebut memiliki tenggat waktu yang terhitung cepat. Setelah mengambil topik tentang kointegrasi pasar saham ASEAN-5, langkah selanjutnya yang dikerjakan Noviana dan Irene adalah mencari fenomena terkini yang dapat dikaitkan dengan topik tersebut. Dari beberapa pilihan yang ada, keduanya memilih fenomena Tax Amnesty, yang sedang hangat diperbincangkan di Indonesia saat ini. Oleh sebab itu, judul penelitian yang dipilih tim Irene adalah ‘Analisa Kointegrasi Pasar Saham ASEAN-5 Sebelum, Saat, dan Setelah Kebijakan Tax Amnesty Gelombang I’. Penelitian tersebut dilakukan oleh tiga orang, yaitu Noviana Anggun, Loe Irene Kusuma, dan Gesti Memarista, S.E., M.SM., selaku dosen mata kuliah Time Series. “Kami biasanya bekerja setelah selesai kelas di ruangan Ibu Gesti sampai sore atau malam selama kurang lebih 1 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, kami seringkali ingin menyerah karena kami menghadapi banyak kesulitan khususnya pada tahap pengujian. Untung saja Ibu Gesti dengan pengalamannya, senantiasa membantu dan membimbing kami saat itu,” urai Irene.

Prestasi yang diraih dua mahasiswa Program Manajemen Keuangan ini bukan tanpa rintangan dan tantangan. Keduanya harus bertarung dengan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan lomba hingga tuntas dibarengi dengan setumpuk tugas kuliah. “Stres yang kami hadapi saat itu bisa dikatakan cukup tinggi karena pada saat yang bersamaan, kami juga mempunyai tenggat waktu tugas mata kuliah lainnya yang setiap minggunya harus ada kemajuan” terang Noviana. Namun, keduanya berusaha menyemangati satu sama lain, dan menyelesaikan masalah yang ada dengan berdiskusi dan mencoba terus sampai nenemukan jalan keluar. Noviana dan Irene merasa bersyukur dapat menyelesaikan penelitian dengan tepat waktu dalam waktu satu bulan Hasil karya keduanya dikumpulkan melalui email ke STIE Perbanas sekitar pertengahan bulan November. Di akhir bulan November, pengumuman pemenang keluar, Noviana dan Irene dinobatkan sebagai juara 2 lomba penulisan artikel ilmiah ‘Journal of Business and Banking (JBB)’. Keduanya memperoleh apresiasi berupa hadiah uang tunai sebesar 2 juta rupiah dipotong pajak dan piagam penghargaan. Selain itu, karya penelitian akan diterbitkan dalam ‘Journal of Business & Banking (JBB)’.

“Kami sangat senang dan tidak menyangka bisa menjadi juara. Kemenangan ini bisa kami capai berkat bantuan banyak pihak, karena itu saya ingin mengucapkan terimakasih, terutama pada rekan saya, Irene dan dosen kami, Ibu Gesti,” urai Noviana. Saat ditanya tentang tips, ada tiga kunci utama yang dipegang yakni tekad untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai, mau meminta bantuan, baik pada dosen maupun teman jika membutuhkan, dan mau berdiskusi serta menyelesaikan masalah dengan baik antar sesama anggota kelompok. Irene mengaku bahwa motivasi mengikuti lomba ini adalah untuk menambah pengalaman dalam membuat jurnal. “Selain itu sebagai latihan membuat skripsi nantinya. Namun motivasi terbesar datang dari Ibu Gesti yang meyakinkan kami bahwa penelitian ini merupakan topik baru yang memiliki potensi untuk dilombakan,” tutup Irene. Noviana dan Irene berharap untuk bisa mengikuti lomba lainnya dan memotivasi teman-teman untuk berani mengikuti lomba (fsc/dit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here