SHARE

Sejalan dengan visinya menjadi universitas yang peduli dan global yang berkomitmen pada nilai-nilai kristiani, Universitas Kristen Petra (UK Petra) terus menggerakkan program Internasionalisasi demi mewadahi mahasiswa untuk beranjak ke kancah internasional dan dapat bersaing dalam persaingan global. Salah satu program tersebut adalah International Day, yang diselenggarakan oleh Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) UK Petra.

International Day 2017 digelar pada hari Jumat, 17 Maret 2017 di Auditorium  UK Petra dengan tema Eduventure. Tema ini berasal dari kata education yang berarti ilmu dan adventure yang berarti petualangan. Tahun 2017 merupakan tahun ketiga diselenggarakannya International Day, dimana mahasiswa UK Petra dapat menggali informasi mengenai kegiatan internasional. Sekitar 1300 mahasiswa UK Petra dengan antusiasmenya berbondong-bondong mengikuti kegiatan internasional ini.
Terdapat beberapa rangkaian acara dalam kegiatan International Day kali ini. Acara pembukaan dilakukan di Auditorium, sekaligus mahasiswa dapat berkeliling melihat booth dari universitas yang menjadi mitra UK Petra. Uniknya, tidak hanya mahasiswa yang dapat berpartisipasi, orang tua dari mahasiswa pun hadir untuk bertanya secara langsung mengenai kegiatan internasional dan mengetahui detil dari setiap program yang ditawarkan. Berbagai informasi yang disediakan, yakni ragam universitas yang menjadi mitra UK Petra, jenis program, jurusan yang tersedia, syarat dan ketentuan, hingga biaya dalam mengikuti program internasional.

Selain itu, Rektor Universitas Kristen Petra meluncurkan laman akses untuk mempermudah mahasiswa bergabung dalam kegiatan internasional. Laman tersebut dapat diakses melalui http://bakp.petra.ac.id/partnership/. “laman partnership ini akan memudahkan mahasiswa untuk memilih program-program internasional selama berkuliah di UK Petra,” tutur Meilinda selaku Kepala Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) UK Petra.

International Day 2017 juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal budaya, bahasa serta ciri khas dari negara lain. Oleh sebab itu, di depan Auditorium UK Petra terdapat beberapa booth yang berasal dari beberapa negara. Booth tersebut diramaikan oleh mahasiswa dari negara Korea, Thailand, Italia, Jepang dan Belanda. Mahasiswa dari masing-masing negara tersebut merupakan mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan dari berbagai program/program studi  di UK Petra. Setiap mahasiswa dari perwakilan negaranya membuka booth dan menyuguhkan makanan hingga permainan khas.

Tidak berhenti disitu saja, rangkaian acara berikutnya adalah talkshow yang mendatangkan dua pembicara internasional. Dua pembicara tersebut adalah Ho Kee Jung, dari Keimyung University, Korea Selatan dan Jaishankar Raman, dari Valparaiso University, Amerika Serikat. Keduanya membagikan informasi dan mengenalkan dunia pendidikan dari masing-masing universitasnya. Istimewanya, International Day kali ini menyelenggarakan guest lecture dari universitas mitra UK Petra. Mahasiswa dapat memilih kelas sesuai dengan topik yang disediakan. Terdapat beragam topik yang dibahas, seperti arsitektur, International Business Management, dan lain-lain.

Dari keseluruhan rangkaian acara International Day 2017, terdapat beberapa mitra UK Petra yang berpartisipasi, antara lain Bangkok University-Thailand, Hongkong University of Science and Technology-Hongkong, Keimyung University-Korea Selatan, National Taiwan University of Science and Technology-Taiwan, Southern Cross University-Australia, Southern Federal University-Rusia, Universiti Tunku Abdul Rahman-Malaysia, Valparaiso University-Amerika Serikat, Yangzhou University-China, Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya, Kedutaan Besar Belanda, IFI – Perancis, Nuffic Neso – Belanda (fsc/dit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here