SHARE

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali berhasil mencetak prestasi di ajang pembuatan film pendek. Tujuh orang Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam Golden Things Production mencatatkan diri sebagai juara tiga dalam Kompetisi Film Pendek “Bintang Kecilku”. Kompetisi tingkat pelajar dan mahasiswa nasional ini digelar oleh GP Records, sebuah perusahaan rekaman yang menaungi banyak musisi terkemuka Indonesia. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta membuat film pendek berdurasi 5-10 menit dengan cerita yang berhubungan dengan lagu “Bintang Kecilku” yang dipopulerkan oleh Mulan Jameela, salah satu artis GP Records.

Golden Things Production memasukkan  video mereka yang berjudul “Keluargaku, Bintangku” yang menceritakan kisah keluarga Derian (diperankan Brandon de Angelo) dan kedua orangtuanya yaitu Jason (diperankan Eldoron Sahadhuta) dan Philia (diperankan Lisyeana Prawiyadi). Derian adalah seorang remaja yang beranjak dewasa, sedangkan kedua orangtuanya, Jason dan Philia tergolong berkecukupan finansial dan aktif dalam dunianya masing-masing. Meskipun hidup dalam segala kecukupan, Derian merindukan waktu bersama kedua orangtuanya, dilain pihak Derian menyadari meski orang tuanya sibuk dengan kegiatannya masing-masing, kedua orangtuanya tetap menyayanginya. Derian mengisi waktu luangnya dalam bentuk fotografi dengan menangkap saat-saat kebersamaan orangtua dengan anak-anak di Taman Bungkul Surabaya dalam rangkaian foto-foto. Foto-foto tersebut kemudian dipasang di sebuah pajangan dinding berbentuk bintang kecil dimana tengah-tengah bintang tersebut, Derian menempatkan foto ia bersama kedua orangtuanya.  Tanpa sengaja Philia dan Jason melihat karya itu dan kemudian menyadari kerinduan Derian akan kebersamaan mereka. Philia dan Jason kemudian mengetahui bahwa selain mencukupi kebutuhan Derian, mereka juga perlu mengasihi Derian dengan kebersamaan. Pesan yang ingin disampaikan dari kisah ini adalah seorang anak membutuhkan waktu kebersamaan bersama kedua orang tuanya selain dicukupi secara fisik.  .

Keikutsertaan Golden Things Production dalam kompetisi ini bermula dari mata kuliah Audio Visual Digital Editting yang diikuti, dimana dalam perkuliahan ini, mereka disarankan untuk mengikuti kompetisi pembuatan video. Suryaman Candi, salah seorang penulis naskah di kelompok ini mengatakan bahwa dari kompetisi ini ia mendapatkan kesempatan belajar bekerja sama, bekerja keras, dan cara menulis naskah yang baik dan benar. Ia mengatakan, “Menulis naskah tidak sama dengan menulis cerita, ada pemisahan episode per episode; penekanan detail acting seperti ekspresi dan tiap kalimat dalam naskah  mewakili satu detail peristiwa. Tidak seperti dalam cerita dimana beberapa kalimat hanya menggambarkan satu peristiwa”.

Yang unik dalam video ini adalah aktor Brandon pemeran Derian, dimana Brandon sempat mencuri perhatian penonton televisi nasional beberapa tahun yang lalu ketika ia ikut serta dalam program pencarian bakat “Indonesia Mencari Bakat” di salah satu televisi swasta, dimana diusia yang sangat muda ia menampilkan bakatnya menari breakdance. Christina Santoso, produser video ini, menceritakan bahwa Brandon bersedia memerankan Derian setelah ia dan Brandoin berbagi pikiran mengenai konsep dan alur cerita Keluargaku Bintangku. Christina mengatakan bahwa pengalaman selama sekitar satu setengah bulan memproduksi video ini adalah seru dan menantang. Ia juga mengatakan, “Dalam proses produksi ini saya menikmati peran sebagai produser. Saya banyak belajar, khususnya bekerja dalam sebuah tim”. (noel/dit)

SHARE
Previous articleManajemen Perhotelan
Next articleSebab Dia Hidup!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here