SHARE

Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra (UK Petra)  menawarkan pengetahuan dan keahlian dalam pengelolaan bisnis hospitality. Tidak hanya menempuh pembelajaran di kelas, mahasiswa Program Manajemen Perhotelan dilengkapi dengan keahlian manajerial, operasional hotel, hubungan interpersonal, dan kemampuan berbahasa asing lainnya.

Dilatarbelakangi oleh kemajuan di bidang  hospitality, Program Manajemen Perhotelan UK Petra hadir untuk mencetak lulusan terbaik di bidang manajerial atau pengelolaan sebuah bisnis hotel. Mahasiswa Manajemen Perhotelan UK Petra menempuh perkuliahan selama 8 semester  dengan total 144 sks, termasuk magang kerja di perusahaan selama 6-12 bulan. Program magang mahasiswa ini  memadukan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola bisnis perhotelan. Hal ini diimplementasikan melalui keterampilan dalam berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan dan menyajikan pelayanan dalam bisnis perhotelan.

Dalam program magang ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen dan mempraktekan teori yang telah dipelajari. Istimewanya, program magang ini tidak hanya dapat dilakukan di dalam negeri, mahasiswa dapat melakukan magang di luar negeri. Hal ini untuk menunjang mahasiswa agar kaya akan pengalaman dan mampu bersaing secara global. Selain program dual degree, pertukaran mahasiswa, dan program magang, Program Manajemen Hotel juga menawarkan kursus terapan, mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki konteks kerja nyata.

Program Manajemen Perhotelan UK Petra menawarkan kelas profesional berkualitas dalam mengelola bisnis restoran dalam keamanan pangan, jaminan kualitas dan aspek manajemen bisnis. Kelas profesional terapan ini bekerja sama dengan AFI (Asosiasi Waralaba Indonesia), GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia), Apkrindo (Asosiasi Pengusaha Kafe & Restoran Indonesia), Bureau Veritas, dan TUV Sud.

Selain itu, mahasiswa Program Manajemen Perhotelan UK Petra diberi kesempatan untuk membuka langsung sebuah Hotel dan Restauran. Setiap semester genap, mahasiswa diberi kepercayaan dan tugas untuk mengelola manajemen Hotel dan Restauran, dari segi persiapan, manajemen, promosi, makanan hingga pelayanan terhadap konsumen. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami atmosfir dunia perhotelan langsung, memahami dunia bisnis dari segi keuangan, dan menambah pengalaman demi karir di masa depan. Misalnya, Hotel dan Restauran ‘Gachi’ yang dikelola oleh mahasiswa Program Manajemen Perhotelan UK Petra pada tahun 2017 ini (angkatan 2014). Hotel dan Restauran ‘Gachi’ mengangkat konsep budaya Korea sebagai tema, sehingga menu makanan hingga dekorasi restauran menggambarkan budaya Korea yang disandingkan dengan budaya Indonesia. Restauran ‘Gachi’ menyediakan menu ala Korea-Indonesia. Hotel dan Restauran ‘Gachi’ juga menjual roti hingga layanan laundry. Untuk menunjang hal ini, Program Manajemen Perhotelan menyediakan beberapa fasilitas laboratorium, antara lain Restaurant & Bar, Kitchen, Pastry & Bakery, Food & Beverage, Front Office, Guest Room, dan Laundry.

Program Manajemen Perhotelan juga mewajibkan setiap mahasiswa untuk mengambil kursus bahasa asing di Program Pendidikan Bahasa (PPB). Adapun bahasa asing yang ditawarkan oleh Program Pendidikan Bahasa antara lain Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, Bahasa Belanda, dan Bahasa Korea.

Prospek Karir Program Manajemen Perhotelan juga beragam, antara lain Restaurant/Outlet Manager, pelaku bisnis perhotelan (resepsionis, guest relation officer, bartender, koki dan concierge), Manajer Hotel (General Manager, Assistant Manager, Food and Beverage Manager, Front Office Manager, Executive Housekeeper, Training Manager, Direktur Sumber Daya Manusia, Direktur Keuangan, Direktur Humas, Direktur Sales dan Marketing, dan Room Division Manager), Lodging Operators, Event Organizers, dan Hospitality Entrepreneurs (fsc/dit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here