SHARE

 

Didirikan sejak tahun 2002, Program Manajemen Kepariwisataan Universitas Kristen Petra (UK Petra) hadir untuk turut mengakomodasi perkembangan industri pariwisata internasional. Berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi, Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra membekali mahasiswa dengan kemampuan akademik dan praktis mengenai manajemen dan bisnis. Kemampuan akademik dan praktis ini terkhusus pada sektor bisnis pariwisata serta bisnis penunjang pariwisata seperti industri perjalanan wisata, industri airlines, shopping mall dan industri retail, industri freight forwarding, perdagangan internasional (export-import).

 

Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra memiliki visi menjadi program yang berkualitas di bidang bisnis dan manajerial khususnya pada industri pariwisata termasuk di dalamnya industri agen travel, retail, dan kargo. Selain itu, memiliki jiwa kewirausahaan dan unggul dalam persaingan di era globalisasi dengan menekankan pada kekuatan akademik dan kekuatan jaringan profesi atau industri yang berlandaskan nilai-nilai Kristiani.

 

Misi Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra adalah dapat mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi di bidang pariwisata, retail, dan manajemen kargo dengan mengakomodasi muatan kewirausahaan, integritas, inovatif serta memperhatikan iklim persaingan dalam era globalisasi.

 

Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra  diharapkan dapat mengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghasilkan karya ilmu yang bermutu dan bermanfaat bagi dunia akademik dan bisnis terapan. Selain itu, Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri, pelaku industri pariwisata, retail, dan kargo serta lembaga asosiasi profesi yang menunjang kompetensi lulusan.

 

Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra memberikan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dengan mengintegrasikan kompetensi akademik manajemen dan bisnis dengan pengalaman praktis. Hal ini dapat diperoleh dari pengajaran dan pengalaman yang dibagikan oleh para pelaku bisnis pariwisata, national and interrnational field study, kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang, Korea Selatan dan Belanda serta program dual degree di Belanda serta adanya kerja praktek di industri terkait di dalam negeri maupun di luar negeri pada semester akhir.

 

Seperti pada bulan Februari 2016 lalu, dua mahasiswa Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra angkatan 2013 melakukan program pertukaran pelajar. Christy Octaviani dan Melisa Aprilia melakukan program pertukaran pelajar di Dongseo University, Korea. Selama kurang lebih lima bulan, keduanya mengambil mata kuliah yang setara dengan mata kuliah di UK Petra. Tak hanya memperoleh pengetahuan di bidang akademik, keduanya juga belajar mengenai budaya Korea serta mengenalkan tentang budaya di Indonesia melalui culture week yang diadakan di Dongseo University. Selain itu, keduanya memperoleh jejaring baru di dunia internasional melalui interaksi bersama mahasiswa dari negara lainnya.

 

Program Manajemen Kepariwisataan UK Petra menawarkan beberapa prospek profesi setelah lulus dari UK Petra. Prospek tersebut antara lain seperti Entrepreneur atau Business Owner di bidang ritel, agen travel dan kargo, Retail Executive atau Retail Outlet manager, Travel Agency Manager, Tour Manager, Professional Tour Leader dan berbagai level manajerial di industri shopping center, airlines, hotel & golf resort, dan lain-lain (fsc/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here