SHARE

Masa pensiun adalah masa istimewa karena untuk bisa berkarya di satu organisasi sampai dengan masa pensiun membutuhkan pola pikir, sikap kerja positif dan ketekunan.

Staf Tata Usaha (TU)  Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra (UK Petra), Soemarni genap memasuki usia 60 tahun pada tanggal 12 Maret 2017. Pada tanggal 28 April 2017, diadakan Ibadah Purna Tugas Ibu Soemarni di ruang P504 Gedung P kampus UK Petra.

Dra. Lanny Herawaty selaku Kepala Pusat Konseling dan Pengembangan Pribadi (PKPP) UK Petra berkesempatan membawakan Firman Tuhan. Firman Tuhan diambil dari Injil Matius 6: 25-32 yang dikutip sebagai berikut, “ …Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di Sorga …”. Lanny kemudian mengajak para hadirin menonton video ilustrasi yang menggambarkan pembelajaran menyelam seekor burung pantai kecil. Burung kecil tersebut mulanya berada di zona nyaman dimana induknya menyediakan segala sesuatu yang diperlukannya. Tiba waktunya induknya memaksanya untuk bisa menyelam di pantai dan mencari sumber makanan sendiri. Proses yang dilaluinya adalah tidak nyaman, takut dan juga gagal. Akan tetapi dengan ketekunan dan keuletan terhadap lingkungan, ia mampu memberanikan diri menyelam dan akhirnya menemukan sumber makanan yang banyak dan bisa membantu komunitasnya.

Proses pembelajaran burung kecil di ilustrasi ini bisa dianalogikan dengan dinamika kehidupan yang akan dijalani oleh Bu Marni. Setelah 39 tahun mengabdi di UK Petra, masa pensiun akan membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Pola hidup yang dijalani akan berubah, dan hal ini akan membawa perasaan tidak nyaman. Apabila tidak disambut dengan pola pikir yang benar, maka perubahan ini bisa membawa beberapa ekses berupa sindrom. Contoh sindrom yang mungkin terjadi adalah kecenderungan mudah tersinggung, marah, atau menunjukkan emosi tinggi seperti menangis. Munculnya sindrom-sindrom ini bisa dicegah atau diringankan dengan selalu bersyukur. Lingkungan terdekat akan berperan besar dalam membantu meringankan sindrom-sindrom ini.

Seusai Firman Tuhan, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan penyampaian kesan dan pesan. Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Umum Agus Arianto Toly, S.E., Ak., M.S.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Soemarni adalah sosok yang baik dan dapat menjadi teladan untuk yang lain. Dalam kesempatan yang sama, salah seorang rekan Soemarni, Drs. E.c. Tulus Tri Hatmoko, M.A. menyampaikan kesannya yaitu Soemarni adalah pegawai yang berdedikasi dan berdisiplin saat bertugas. Ia mengatakan, “Kesan yang bisa didapatkan dari Bu Marni ada dua kata. Pengabdianmu teladanku”.

Soemarni mengabdi di UK Petra sejak lulus dari SMEA 1 Wonokromo. Sepanjang tugasnya ia sudah melayani di berbagai bagian di UK Petra. Mulanya ia ditugaskan di percetakan, kemudian di perpustakaan, lalu di bagian keuangan mahasiswa, operator, kasir keuangan kemudian di tata usaha Desain Interior. Ibu satu anak yang saat ini berkuliah semester 6 di Program Studi Desain Komunikasi Visual UK Petra ini mengatakan bahwa ia dari mulanya ingin mengabdi di bidang pendidikan. Mengenai bagaimana caranya ia bisa awet mengabdi ia mengatakan, “Saya bekerja apa adanya. Saya ingin berbagi bersama teman-teman, juga ingin melayani mahasiswa”. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here