SHARE

Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra (UK Petra) melalui Himpunan Mahasiswa Perhotelan UK Petra (Himahottra) menggelar workshop Art Jello Pudding yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2017 di Panti Asuhan Lydia.

Dalam workshop ini, 48 mahasiswa Fakultas Ekonomi UK Petra bersama 15 anak-anak panti asuhan yang berusia 11 sampai dengan 23 tahun belajar bersama cara membuat artistic food. Artistic Food adalah pengolahan makanan yang menonjolkan kreativitas dan keunikan bentuk maupun rasa dari suatu makanan, sehingga makanan tersebut akan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang melihatnya. Artistic food yang dipelajari pada workshop ini adalah jello pudding, kue puding jelly.

Hadir sebagai pemberi materi workshop, Chef Yuliana Jiu Dias, seorang Chef Art Pudding dari sebuah perusahaan jelly nasional. Yuliana adalah seorang ahli di bidang Art Pudding, dan juga seorang tenaga pengajar di Lezat Academy, ia pernah melakukan demo di acara memasak terkemuka di salah satu televisi swasta di Indonesia.

Dalam workshop ini, para peserta bekerja berkelompok dalam 10 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari mahasiswa dan anak-anak panti asuhan. Masing-masing orang dalam satu kelompok akan mendapat tugas individu membuat satu art pudding kecil dan  masing-masing kelompok akan membuat satu art pudding  berukuran besar. Untuk membuat art pudding ini, peralatan yang dipakai cukup sederhana, yaitu antara lain: wadah pudding dari plastik, jelly, pewarna makanan dan penyuntik (syringe umum). Pudding kecil karya individu bisa dikonsumsi sendiri atau dibawa pulang ketika selesai sedangkan pudding besar karya kelompok akan dilombakan dan diberi hadiah sebagai pudding terbaik. Bentuk yang dilombakan kali ini adalah membuat bentuk bunga mawar karena membuat bunga mawar tidak membutuhkan keahlian khusus dan lebih cocok untuk untuk yang pertama kali mencoba keterampilan ini.

Ibu Debora, salah seorang pengasuh di panti asuhan Lydia menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. Ia mengatakan, “Kami sangat senang sekali, bagi anak-anak panti asuhan, hasil pelatihan ini bisa dipakai untuk tambahan penghasilan saat ini, atau bisa menjadi sumber penghasilan ketika mereka lulus nanti”. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan pelayanan seperti ini akan selalu disambut dengan baik di Panti Asuhan Lydia. Ovilia Cindy Monica, ketua panitia mengutarakan harapannya agar anak-anak Panti Asuhan Lydia terus bersemangat. Ia juga menambahkan “Saya percaya anak-anak ini akan bisa menjadi anak yang sukses dan menciptakan karya yang luar biasa “. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here