SHARE

Pada hari Rabu hingga Jumat (26-28/4), Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual  Universitas Kristen Petra (HIMAVISTRA) mengadakan kegiatan Prime Time 2017. Bertempat di Selasar Gedung P Lantai 2 Universitas Kristen Petra, kegiatan Prime Time 2017 dibalut dengan kegiatan diskusi, pameran, dan workshop yang melibatkan berbagai komunitas di bidang seni. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa aktif Desain Komunikasi Visual UK Petra dapat memproleh referensi dan relasi seputar dunia kerja maupun industri kreatif.

Latar belakang kegiatan Prime Time 2017 adalah karena kurangnya kesadaran akan pentingnya memiliki relasi sesuai dengan bidang kreatif yang diminati. Sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), menjalin relasi dengan insan kreatif non mahasiswa maupun mahasiswa di luar Universitas Kristen Petra merupakan hal yang tidak kalah penting dengan nilai akademis atau kegiatan organisasi di dalam kampus, namun, pada kenyataannya tidak semua mahasiswa menyadari pentingnya memiliki relasi dengan insan-insan kreatif di luar kampus.

Oleh sebab itu, Prime Time 2017 menjadi salah satu sarana agar mahasiswa dapat mengetahui bidang yang diminati. Tujuannya agar mahasiswa dapat dengan mudah menjalin relasi dengan insan-insan kreatif serta mengerti tujuan dari membangun relasi di luar kampus, sehingga dengan menjalin relasi dengan insan kreatif, dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan referensi lebih luas mengenai bidang yang diminati.

Prime Time 2017 mengangkat tema “Cangkrukart” yang berasal dari dua kata yaitu cangkrukan dan art. Cangkrukan merupakan istilah yang dekat dengan masyarakat Jawa Timur. Di dalam cangkrukan biasanya terdapat diskusi, silahturami dan transaksi. Ketiga hal ini diterapkan dalam Prime Time 2017, dimana mahasiswa berkumpul dengan insan kreatif dari luar Universitas Kristen Petra, berdiskusi mengenai bidang-bidang desain hingga bertransaksi sebuah karya maupun ilmu.

Salah satu kegiatan di Prime Time 2017 adalah diskusi dengan narasumber dari design agency dan narasumber dari creative industry. Narasumber diskusi ini adalah Lydia Tarigan, seorang Creative Director dari Ogilvy and Mather Indonesia. Diskusi dengan design agency ini membahas tentang bagaimana menemukan passion untuk bertahan dalam sebuah agency serta berbagi tentang kehidupan di dunia design agency. Sedangkan diskusi bersama creative industry (workshop) mendatangkan pembicara Amelia Tania dan membahas bagaimana untuk tidak takut berkarya dan mampu menjadi dampak bagi lingkungan

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk pembekalan hardskill bagi mahasiswa yang disesuaikan dengan trend masa kini. Workshop yang akan diadakan adalah workshop ilustrasi. Sedangkan rangkaian kegiatan pameran yang diadakan melibatkan beberapa komunitas seni atau desain yang ada di Surabaya. Pameran ini juga terbuka bagi mereka yang ingin menunjukkan karya mereka. Prime Time 2017 mendatangkan beberapa komunitas antara lain, komunitas Papan Dolanan Arek Suroboyo (PADAS), Surabaya Caricarturist Community, CLICK ITS, Instastreet, Penahitam, dan Besok Nyuci 35mm.

“Dengan adanya kegiatan Prime Time 2017 ini, diharapkan mahasiswa DKV UK Petra dapat membangun relasi dengan dunia seni di luar kampus. Selain itu, mahasiswa DKV UK Petra juga memperoleh gambaran jelas dan kemantapan passion yang dimiliki,” urai Eunike Sara Ardyta, selaku Ketua Panitia Prime Time 2017 (fsc/dit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here