SHARE

Perancangan produk interior adalah salah satu kegiatan yang utama dalam dunia yang digeluti mahasiswa Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra). Produk interior yang pada umumnya berupa meubel/furniture membutuhkan kreativitas dan keahlian dalam pembuatannya. Kreativitas akan memungkinkan seorang desainer untuk bisa mengkonsep suatu meubel dengan unik dan bermanfaat, sedangkan keahlian akan memungkinkan desainer tersebut untuk merealisasikan konsepnya menjadi produk dengan pengerjaan yang prima.

Untuk membina mahasiswa agar memiliki kreativitas dan keahlian tersebut, dirancang rangkaian mata kuliah Studio Desain Produk Interior (DPI) yang bisa diikuti oleh mahasiswa yang mengambil pengkhususan Desain Produk. Rangkaian mata kuliah ini terdiri dari mata kuliah DPI I sampai dengan DPI IV.

DPI I diikuti oleh mahasiswa semester 3 yang belajar merancang produk interior berbasis bentuk dan bahan. DPI II diikuti mahasiswa semester 4 yang mempelajari aspek fungsi dan kenyamanan. DPI III diikuti oleh mahasiswa semester 5 yang mempelajari aspek proses produksi dan pasar dari desain produk interior. DPI IV diikuti oleh mahasiswa semester 6 dan mempelajari konsep budaya. Dalam proses pembelajaran di setiap mata kuliah ini, para mahasiswa ditugaskan untuk mendesain dan membuat produk interior sesuai dengan fokus yang dipelajari di mata kuliahnya. Dalam proses desain ini mahasiswa akan mengeksplorasi literatur, membuat konsep desain, dan memproduksi produk yang sudah didesainnya. Apresiasi dan evaluasi atas hasil akhir dari perkuliahan ini, yang berupa meubel, akan bisa menjadi bahan pembelajaran yang sangat berharga bagi mahasiswa.

Untuk memberikan apresiasi dan evaluasi pada produk interior hasil perkuliahan DPI II dan DPI IV, dilaksanakanlah kegiatan pameran bertajuk “Introduction: Interior Design Exhibition”. Pameran ini dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 18 Juni 2017, di Rotunda Atrium lantai 3 Ciputra World Surabaya. Sebanyak 27 karya mahasiswa DPI II dan 35 karya mahasiswa DPI IV ikut serta dalam pameran ini. Karya DPI II mengangkat aspek fungsi dan kenyamanan dalam seting ruang kerja kantor. Karya DPI IV menerapkan konsep budaya dalam seting ruang publik. Tim dosen pengampu DPI II dan DPI IV turut serta bersama para mahasiswa mengelola pameran ini, mereka adalah: Adi Santosa, S.Sn., M.A.Arch., Grace Setiati Kattu,  S.Sn,  M.Ds dan Grace Mulyono, S.Sn., MT.

Pameran ini memberikan kesempatan pada para pengunjung untuk memberikan pemilihan karya favorit. Adi dalam sambutannya menghargai upaya para mahasiswa yang tugas akhirnya ditampilkan di pameran ini. Ia mengangkat proses pembuatan karya-karya ini sebagai kesempatan belajar yang baik bagi para mahasiswa, ujarnya “Kesempatan belajar ini sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membuat sendiri produk interiornya. Dengan demikian maka mahasiswa akan bisa mengembangkan keahliannya”. Sesuai dengan tajuknya, diharapkan dengan adanya pameran ini akan terjalin perkenalan antara mahasiswa dan pasar. Lebih lanjut lagi, diharapkan mahasiswa akan lebih tahu apa yang diharapkan pasar, dan pasar akan mengetahui potensi kreativitas mahasiswa Desain Interior UK Petra.

Keseluruhan 62 karya ini akan dinilai oleh tim juri dan diambil 3 karya terbaik DPI II dan 3 karya terbaik DPI IV. Tim dosen menyeleksi 10 karya terbaik dari masing-masing kelas mata kuliah untuk kemudian dinilai oleh Tim juri yang terdiri dari: Ir. Hedy Constancia Indrani, M.T, Ronald Hasudungan Irianto Sitindjak, S.Sn., M.Sn dan Wyna Herdiana, S.T., M.Ds. Kriteria penilaian untuk DPI II adalah Fungsi dan Kenyamanan (Functional-Ergonomic), Estetika (Aesthetics) dan Orientasi Pasar (Marketable). Kriteria penilaian untuk DPI IV adalah serupa seperti di atas ditambah dengan nilai budaya.

Keluar sebagai pemenang juara I dari DPI II adalah Claudia dengan produk meja kerja yang  dibuat memiliki penutup ruang pribadi dengan sistem poros besi. Juara I DPI IV adalah Venta Clarisza yang karyanya berupa rangkaian kursi yang mengangkat konsep budaya permainan kartu. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here