SHARE

Jadikan UK Petra sebagai Kampus Rujukan ‘Caring’

Kerjasama antar tim dalam Universitas Kristen Petra adalah fokus dari Dr. Zeplin Jiwa Husada Tarigan, ST. MMT sebagai calon rektor UK Petra periode 2017-2021. Pencapaian UK Petra saat ini yang sudah sangat baik, akhirnya membangun kobar semangat Dr. Zeplin untuk lebih peduli membangun UK Petra dengan maju menjadi calon rektor. Zeplin, demikian akrab dipanggil, melihat sisi UK Petra dari empat hal yakni penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat, dan penunjang. Empat hal ini di UK Petra sudah bagus, namun bagaimana membangun lebih tinggi agar kualitas UK Petra mencapai titik maksimal serta mampu memberikan dampak bagi lingkungan.

Pada periode mendatang, Zeplin yang merupakan dosen pengajar di Fakultas Ekonomi program studi Magister Manajemen ini ingin memberikan dorongan lebih kepada para dosen di UK Petra dari sisi penelitian dan publikasi, bagaimana memberikan effort yang lebih besar agar lebih aktif dalam hal penelitian dan publikasi.

Bagaimana meningkatkan kualitas UK Petra ke depan?

  1. Dari sisi Pendidikan, bagi program/program studi internasional di UK Petra yang sifatnya dapat di-akreditasi internasional, maka direncanakan akan diikutkan akreditasi internasional. Hal ini guna meningkatkan kualitas program/program studi di UK Petra dan mampu dikenal di kancah internasional.
  2. Dari sisi Penelitian, encourage dosen program/program studi untuk aktif melakukan penelitian. Bukan hanya dosen pada program/program studi tertentu, namun mendorong semua dosen agar aktif dalam melakukan penelitian dan publikasi.
  3. Mahasiswa dapat dilibatkan dalam penelitian Dosen. Mahasiswa Mahasiswa dapat bergabung dalam conference tingkat Nasional dan Internasional. “Saat ini beberapa dosen menjalankan, namun tidak semua. Harapannya, dosen-dosen di UK Petra bisa menjalankan ini. Sehingga dari sisi penelitian dapat bertambah, publikasi juga bertambah, dan aktivitas mahasiswa dapat bertambah, serta menambah komponen mahasiswa,” urai Dr. Zeplin yang fokus penelitiannya mengambil Enterprise Resources Planning dan Operational Management.
  4. Dari sisi Pengabdian masyarakat, seperti COP, service learning, yang sudah baik ini akan tingkatkan lagi karena sudah dikenal secara internasional, dan dapat memperluas cakupan baik dari sisi internal universitas dan masyarakat.

Visi UK Petra, to be a caring and global university with commitment to christian value memiliki arti yang dalam dan luas. Dari visi ini, Zeplin hendak membangun dan membuat strategi. Strategi tersebut salah satunya adalah memperbaiki dan menambah pada sisi indikator atau standar. Standar yang harus ditambahkan adalah untuk standar penelitian dan standar proses pembelajaran.

Zeplin, lulusan Program Doktor Ilmu Manajemen dengan predikat Cumlaude di Universitas Brawijaya Malang ini ingin menyatakan visi UK Petra melalui kepedulian terhadap sesama. Salah satu caranya adalah dengan membangun dari sisi awareness antara sesama di UK Petra. Tahap selanjutnya adalah sesama antar lingkungan UK Petra, melihat apakah lingkungan UK Petra menganggap UK Petra bermakna atau bermanfaat bagi mereka.

Beberapa strategipun telah disiapkannya yaitu membangun tim kerja dan fokus di dalamnya, belajar percaya pada orang lain, Mencoba identifikasi dari sisi expertise dosen UK Petra dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian. Zeplin bermimpi kedepannya UK Petra mampu menjadi rujukan bagi universitas lain dalam hal caring.

Sebagai dosen di UK Petra yang sudah mengabdi selama 13 tahun, Zeplin mencoba memberi warna di UK Petra. “Pertama, saya melakukan yang dipercayakan kepada saya dan yang sudah diberikan kepada saya dengan melakukan apa yang merupakan kewajiban saya. Kedua, saya ingin mencoba melakukan sesuatu yang terbaik menurut saya bagi universitas ini,” tambah Team Task Force Perancangan Bisnis Proses dan Standard Operating Procedure (SOP) Institusi UK Petra ini (fsc/Aj).

Sebagai karyawan di sebuah organisasi, mari kita lakukan yang terbaik bagi organisasi. Dan kita harus dapat menerima keberagaman keahlian dalam membangun organisasi. Karena organisasi yang ada saat ini adalah miliknya Tuhan.

-Dr. Zeplin Jiwa Husada Tarigan, ST.MMT-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here