SHARE

Memilih Tanam Beringin daripada Tanam Padi

Felix Pasila mengawali karirnya di UK Petra sejak tahun 1999 sebagai dosen program studi Teknik Elektro dengan spesialisasi Control System Engineering hingga tahun 2013 terpilih sebagai Kepala Pusat Penelitian UK Petra sampai sekarang. Menurut pria lulusan University of Bremen-Jerman dan Ph.D. bidang Robotics, DIEM department, University of Bologna-Italy UK Petra dari sisi peringkat sudah cukup baik bahkan dua tahun terakhir masuk 20 besar Nasional versi Kemenristekdikti dan no 1 PTS terbaik. Namun peringkat ini sangat mungkin fluktuatif karena ukuran yang digunakan selalu berubah tiap saat.

Menurut Felix, UK Petra perlu memperkuat kebijakan “menanam Beringin lebih dari metode menanam Padi” dimana UK Petra tidak hanya fokus untuk peringkat nasional, melainkan rank asia/global. “Jadi tidak hanya fokus melahirkan sarjana dengan karakteristik Kristiani dengan GPA tinggi saja akan tetapi mampu menjadi pemimpin masa depan dari generasi ke generasi seperti filosofi pohon beringin yang kuat dan bertahan lama”, ungkap pria yang mempunyai 12 publikasi sejak tahun 2014 ini.

Dengan visi Caring and Global University, UK Petra diharapkan menjadi kampus kristen yang produktif melahirkan pemimpin muda yang sanggup mengusahakan perkembangan komunitas secara optimal (Yesaya 54:2-3). Untuk itu UK Petra perlu berpikir 100 sampai 300 tahun ke depan untuk melayani generasi global (generasi Z dan generasi Alpha), yaitu generasi yang sangat melek teknologi yang kuat memegang nilai-nilai Kristiani. “Kedepannya UK Petra harus memiliki strategi menjangkau generasi global dengan tujuan dididik menjadi pemimpin yang inklusive, kontekstual dan berwawasan kebangsaan”, ungkap pria kelahiran Kendari 21 Februari 1974.

Lalu bagaimana program dan strateginya di masa yang akan datang?

  1. Menerapkan Tridharma perguruan tinggi untuk komunitas, dimana mahasiswa sedini mungkin selalu dikaitkan dengan masyarakat dalam bentuk pengajaran, penelitian dan abdimas. Dengan ditunjang fasilitas kampus dan SDM yang baik, misalnya metode mengajar dosen yang sesuai dengan generasi global yang paham teknologi, fasilitas kampus berupa koneksi internet yang sangat cepat yang mampu mewadahi kebutuhan mahasiswa akan transfer informasi, bersosialisasi, dan lain-lain.
  2. Fasilitas asrama sangat diperlukan untuk mahasiswa saat ini, dan seluruh mahasiswa baru UK Petra selama satu tahun harus masuk asrama untuk dapat mengerti nilai-nilai UK Petra. Fasilitas olahraga dan yang lain adalah hal yang wajib untuk membuat mahasiswa terkoneksi dengan yang lain.
  3. Menyempurnakan tatakelola organisasi UK Petra yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang dinamis, misalnya menempatkan divisi pengembangan teknologi dan marketing untuk mengantisipasi perkembangan persaingan global. Dibutuhkan divisi service learning untuk mewadahi semakin banyak mata kuliah yang terhubung dengan komunitas. Untuk keberlanjutan, alumni menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan UK Petra, karena itu potensi alumni perlu diperkuat dengan menyediakan divisi yang  memfasilitasi alumni back to campus dan mendukung kegiatan alumni untuk promosi UK Petra.
  4. Untuk menjamin no 1-3 diatas, hal-hal mendasar seperti jaminan kesehatan dan kesejahteraan SDM UK Petra harus terpenuhi terlebih dahulu, mengusahakan dengan optimal kesejateraan SDM dan menaruh orang yang tepat di tempat yang tepat. Peningkatan sumber dana eksternal adalah sangat penting untuk keberlanjutan.
  5. Peringkat UK Petra di Asia, diharapkan dapat masuk dalam rangking 500 besar perguruan tinggi Asia dan masuk dalam peringkat 10 besar perguruan tinggi di Indonesia kurang dari 10 tahun. Untuk itu dosen UK Petra harus memiliki kualifikasi dan reputasi yang baik dengan memiliki publikasi internasional, luaran Paten dan Pusat Studi yang berperan aktif. Pada saat Indonesia emas tahun 2045, UK Petra diharapkan sudah masuk dalam 200 besar perguruan tinggi Asia dan memiliki jaringan universitas terbaik luar negeri yang luas.

Doakan agar UK Petra membangun bangsa dengan paradigma jangka panjang dimana nilai-nilai Kristiani bukanlah hal yang ekslusif melainkan dipakai agar mahasiswa dan alumni menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.(Dit/Aj)

Sumber daya manusia (SDM staf dan dosen) dan seluruh fasilitas UK Petra dipakai Allah untuk mempersiapkan calon pemimpin masa depan sehingga perlu dirawat dengan baik. SDM UK Petra ibaratnya seperti Andreas, murid Tuhan yang selalu berusaha mempertemukan pemimpin masa depan dengan Tuhan Yesus.

-Felix Pasila Ph.D-

1 COMMENT

  1. Layak dan sangat rekomendasi menjadi rektor karena selain dapat memimpin universitas semakin maju, beliau mengerti akan kebutuhan mahasiswa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here