SHARE

Pengenalan akan keragaman budaya akan memperkaya pengetahuan kita di zaman yang global ini. Langkah awal dari perkenalan kebudayaan bisa melalui penguasaan bahasanya. Dengan menguasai bahasa, maka jendela pemahaman akan adat istiadat dan etika suatu kebudayaan akan terbuka.

Pada hari jumat, 19 Mei 2017 King Sejong Institute (KSI) Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengadakan Korean Speech Contest 2017 di ruang AVT 502 Gedung T. Sebanyak 14 orang peserta berlomba melakukan pidato dalam bahasa Korea. Pidato yang dibawakan mengambil tema tentang kebudayaan atau bahasa Korea. Pidato yang dibawakan peserta akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Lee Kyeong Yoon, Vice President of Korean Community, Yoon Se Gui, pengajar bahasa Korea, Hong Jong Youn, pengajar di KSI Surabaya dan Dr. Liliek Soelistyo, direktur KSI Surabaya.

Dalam acara ini juga ditampilkan  pertunjukan musik perkusi tradisional Korea, Samulnori yang membawakan lagu Arirang. Samulnori adalah semacam gamelan dengan 4 alat musik, yaitu: Kkwaenggwari, gong kecil; Jing, gong besar; Janggu, tetabuhan berbentuk jam pasir; dan Buk, gendang bass. Pertunjukan ini dibawakan oleh 6 orang siswa Korean Language and Culture Center (KLCC) yang diasuh oleh Yoon Se Gui di salah satu universitas swasta di Surabaya.

Dalam sambutannya, Lee Kyeong Yoon menghargai upaya para peserta dan memuji penguasaan bahasa Korea mereka. Pria berkebangsaan Korea yang menguasai bahasa Indonesia ini mengatakan “Jumlah peserta yang mengikuti cukup banyak dan pemakaian bahasa Korea para peserta di sini cukup baik dan memakai pemilihan kata yang halus”. Ia juga menyampaikan pesan bagi para hadiri agar bisa mengambil kesempatan-kesempatan yang ada untuk bisa berkunjung dan mengenal budaya Korea.

Dari seluruh peserta kontes ini akan diambil 5 juara yaitu antara lain: Juara Favorit; Juara 1,2,3; dan Juara Utama. Juara utama akan mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Korea dan mengikuti acara kebudayaan selama satu minggu yang diselenggarakan oleh pusat kebudayaan Korea. Keluar sebagai juara umum dan mewakili KSI Surabaya pada tahun 2017 adalah Dania Anggana Dwityasari dari Kelas Sejong 2A.(noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here