SHARE

Bisnis dalam sektor keuangan adalah bisnis yang dinamis di Indonesia saat ini. Menurut Biro Pusat Statistik di awal Februari 2017, sepanjang tahun 2016 sektor jasa keuangan adalah sektor yang bertumbuh paling tinggi di angka 8,9% di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang 5,02% (Kompas.com 06/02/2017). Bisa disimpulkan bahwa bisnis di sektor keuangan berkontribusi positif pada pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dalam iklim perkembangan sektor keuangan yang pesat ini, tenaga profesional dengan kompetensi di bidang keuangan sangat diperlukan.

Program Strata 1 (S1) Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra (UK Petra) membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang dunia keuangan, seperti pengetahuan tentang dunia investasi, penilaian bisnis, dan manajemen keuangan pribadi (meliputi perencanaan investasi, asuransi, pajak, pensiun dan warisan). Program ini berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas. Komitmen ini diwujudkan dalam desain kurikulum terpadu yang mengintegrasikan kompetensi akademik, profesi, dan etika berlandaskan nilai- nilai Kristiani. Selain itu, pendidikan berkualitas di program ini juga dicapai melalui pengembangan kompetensi dosen, pengadaan fasilitas, serta kerjasama dengan institusi pendidikan, industri maupun asosiasi profesi di dalam dan luar negeri. Dengan bekal tersebut di atas, lulusan program ini diharapkan akan menjadi profesional unggul dalam karir sebagai: Perencana Keuangan, Analis Keuangan, Manajer Keuangan, Manajer Investasi, Manajer Resiko, Konsultan Keuangan, Appraiser/ Valuer, Treasurer, Akademisi/ Researcher.

Untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian khusus di dunia keuangan, dibutuhkan desain kurikulum terpadu dan mengintegrasikan kompetensi akademik, profesi dan etika. Keahlian di bidang keuangan semakin terspesialisasi. Untuk mengakomodasi kebutuhan yang spesifik ini, program ini memiliki dua bidang ilmu, yaitu: Personal Finance, dan Business Valuation. Bidang Personal Finance mempelajari tentang keuangan secara personal atau keluarga. Bidang ilmu ini menekankan bagaimana mengevaluasi, mengatur dan menghitung dana yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai seseorang. Bidang ilmu ini akan diperkaya dengan pengetahuan tentang Hukum Waris dari para praktisi yang ahli dibidangnya. Selain itu, setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas Produk Keuangan dimana narasumber yang dilibatkan adalah para profesional di berbagai institusi keuangan terkemuka. Bidang Business Valuation berfokus pada Manajemen Keuangan Perusahaan. Spesialiasi ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang isu-isu yang terjadi dalam sebuah korporasi, bagaimana menilai sebuah bisnis yang dihubungkan dengan modal dan resiko yang menyertainya. Selain itu pemahaman terhadap penilaian aset-aset riil dan aturan pajak dan hukum akan membantu mahasiswa menghitung dan mengevaluasi bisnis secara komprehensif.

Peningkatan mutu pendidikan di program ini dilakukan melalui mengembangkan kompetensi dosen. Dari 9 dosen pengajar, kesemuanya sudah bergelar S2. 5 Diantaranya saat ini sedang menempuh pendidikan S3 baik di dalam dan luar negeri. Program ini juga menyediakan kualifikasi sertifikasi bagi mahasiswa agar ketika lulus sudah siap untuk berafiliasi dengan komunitas profesional. Sertifikasi yang bisa didapatkan di program ini adalah Certified Financial Planner (r) dan Registered Financial Planner (r), hasil kerjasama dengan Financial Planning Standard Boards (FPSB). Sertifikasi sertifikasi ini diakui secara internasional dan membuka peluang lulusan untuk berkarya di tingkat global. “Finance is needed everywhere”, ujar Mariana Ing Malelak, S.E.,M.SM.,M.Rech., CFP, Kepala Program Manajemen keuangan mengangkat motto program ini berkaitan dengan hal tersebut. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here