SHARE

Salah satu industri yang memiliki perkembangan terpesat di indonesia adalah industri kreatif. Profesi desainer interior berkarya di dalam spektrum industri ini. Dengan berkembangnya industrinya, seiring juga kebutuhan atas profesionalnya. Program Studi Desain Interior UK Petra hadir menjawab kebutuhan tersebut.

Program studi ini didirikan pada tahun 1998. Dengan pengembangan yang konstan, pada tahun 2009 program studi ini meraih akreditasi A dan terus dipertahankan hingga saat ini. Fokus pendidikan yang tertuang dalam kurikulum program studi ini adalah menciptakan lulusan yang unggul dalam dunia desain dengan spesifikasi: peduli atas konten dan nilai lokal; memiliki wawasan global; fokus pada sustainable design; penguasaan teknologi; dan memiliki keuletan creativepreneurship. Konten dan nilai lokal adalah penting agar para desainer ini kelak akan bisa turut memajukan tradisi Indonesia, bahan-bahan lokal, dan craftmanship lokal di kancah dunia desain tingkat global. Komitmen pada sustainable design mengarahkan para desainer muda ini untuk menciptakan karya yang menunjukkan kepedulian jangka panjang pada lingkungan hidup. Penguasaan pada teknologi terkini adalah kunci kebertahanan para desainer karena dunia sejak dahulu dibentuk oleh perkembangan teknologi. Aspek ekonomis adalah penting bagi segala bentuk usaha, keuletan creativepreneurship memungkinkan para desainer lulusan prodi ini untuk menemukan nilai-nilai ekonomis yang bisa menunjang bisnis dalam industri kreatif.

Ada dua peminatan yang bisa dipilih para mahasiswa untuk dipelajari lebih mendalam, Interior Design Styling dan Interior Product Design. Peminatan interior design and styling tersedia bagi mahasiswa yang tertarik mendalami dunia desain ruangan. Termasuk di dalam peminatan stylng ini adalah kegiatan desain penggunaan ruangan. Dalam peminatan Interior Product Design para mahasiswa yang berminat dalam perancangan produk-produk yang dipakai sebagai pengisi ruang, pembentuk ruang dan aksesori yang dipakai dalam ruangan.

Untuk mendukung pembelajaran yang tepat sasaran, program studi ini menyediakan berbagai fasilitas laboratorium  dan studio. Laboratorium Lighting memungkinkan mahasiswa untuk merasakan sendiri pemanfaatan pencahayaan dalam desain. Laboratorium Akustik membantu mahasiswa untuk mengeksplorasi aspek penataan akustik suatu ruangan. Laboratorium Bahan dan Laboratorium Mebel memberi kesempatan untuk mengeksplorasi penggunaan bahan dan teknik untuk produksi. Untuk memberikan pendidikan yang seimbang antara pengetahuan dan kemampuan, diadakan perkuliahan studio. Ada tiga studio yang bisa mendukung pendidikan ini, yaitu: Studio Menggambar, Studio Fotografi, dan Studio Komputer Desain.

Program Studi ini juga merancang agar desainer lulusannya sudah memiliki pemahaman yang benar tentang industri yang akan digelutinya. Hal ini bisa didapatkan melalui sistem magang. Program studi menjalin kerjasama dengan perusahaan desain yang bercakupan internasional. Perusahaan magang ini antara berada di luar negeri (Korea, Jerman, Australia, dll) atau perusahaan di dalam negeri akan tetapi direkomendasi oleh pakar dan memiliki jalur atau melayani klien internasional. Dengan bekerja pada perusahaan-perusahaan yang memenuhi standar ini, mahasiswa akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan juga keyakinan atas kemampuan diri sendiri saat akhirnya akan terjun sebagai profesional di bidangnya. (noel/Aj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here