SHARE

King Sejong Institute (KSI) Universitas Kristen Petra (UK Petra) di Surabaya telah menyediakan pendidikan bahasa dan budaya Korea sejak tahun 2015. Pada tanggal 9 Juni 2017, KSI melaksanakan Semester Completion Ceremony untuk semester 1 201 dimana sekitar 80 orang menghadiri acara yang diadakan di ruang AV gedung T 503 ini.

Hidangan makan malam khas Korea karya siswa-siswa yang mengambil kelas Budaya dengan pengasuh Kim Sung Sook. Dalam hidangan ini, tersaji 4 menu makanan khas Korea, yaitu : bulgogi, masakan daging sapi khas Korea sebagai hidangan utama; ddeokkochi, sate dari kue beras sebagai hidangan pendamping; guksu, mie khas Korea sebagai pendamping; dan samsaek gyeongdang kue mirip onde-onde tiga warna dengan rasa khas Korea.

Rangkaian acara dibuka dengan sambutan dari Direktur KSI Surabaya, Dra. Liliek Soelistyo, M.A. Dalam sambutannya, Lilik menyampaikan bahwa Completion Ceremony ini adalah yang keempat kalinya dan wisuda kali ini adalah wisuda dengan jumlah yang terbesar. Ia berharap para siswa KSI yang hadir di acara ini tetap bersemangat dan terus melanjutkan pembelajaran di KSI. Liliek mengatakan juga, KSI akan terus mendatangkan guru-guru yang baru sehingga bisa melayani kelas-kelas dengan lebih baik”.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan pemutaran video KSI yang menggambarkan situasi kelas dan kegiatan-kegiatan yang telah diadakan di sepanjang semester yang telah diselesaikan. Acara yang diadakan KSI sepanjang semester ini adalah: Korean Culture dan Korean Movie Day di bulan Maret 2017, Lomba Menghias Kipas Korea di bulan April 2017 dan Lomba Korean Speech Competition di bulan Mei 2017. Rekaman ini juga menayangkan Korean Culture Day yang diselenggarakan Program manajemen perhotelan Gachi Resto, kemudian berpindah ke acara film Ode to My Father di acara Korean Movie Day.

Seusai pembukaan dan presentasi video, dilaksanakan penyerahan beasiswa dan raport hasil pembelajaran. Pada semester 1 2017, KSI menyelenggarakan 5 kelas, yaitu antara lain: dua kelas tingkat Beginner 1A; satu kelas tingkat Beginner 2A; satu kelas Persiapan Topik 1; dan satu kelas Budaya yang mempelajari masakan Korea (Korean Cooking Class). Tergabung dalam kelima kelas ini adalah 64 siswa yang bukan hanya dari mahasiswa UK Petra akan tetapi juga dari  kalangan umum. Untuk mengapresiasi usaha dan prestasi siswanya, KSI memberikan berbagai penghargaan berupa beasiswa yang diberikan pada satu orang siswa di tiap kelas bahasa. Penerima beasiswa semester ini adalah Meilisa Dewi dan Stefani dari kelas 1A, dan Nadya Artamara dari kelas 2A.

Setelah pembagian sertifikat dan penghargaan, para hadirin dihibur dengan penampilan grup tari Korean POP (KPOP) yang dibawakan oleh grup pemenang KPOP Dance Festival, G-Frikex dari kota Malang. Penampilan grup tari ini merupakan bagian terakhir acara penutup semester ini. Justine, siswa KSI yang juga mahasiswa Manajemen Bisnis UK Petra membagikan pengalamannya mengikuti kursus KSI, “Belajar di kelas itu sangat menyenangkan dan lebih mengerti mengenai kebudayaan Korea yang saya sukai”. Sebagai informasi, semester kedua 2017 KSI akan dimulai pada tanggal 21 Agustus 2017 dan per tanggal 31 Juli 2017 pendaftaran sudah ditutup. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here