SHARE

Inovasi dan kreativitas terus digerakkan oleh Universitas Kristen Petra, terutama agar mahasiswa tidak berhenti belajar dan dapat mengimplementasikan teori di kelas dalam hal praktek. Mahasiswa program studi Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya kembali membuka hotel dan restauran untuk salah satu ajang praktek sebagai latihan di dunia kerja nanti, dimana setiap semester genap, mahasiswa semester enam akan melakukan praktek materi kuliah Manajemen Operasional Hotel (MOH) ini.

Bernuansa China, kali ini HongYuan Hotel and Restaurant menyajikan aneka pilihan menu China yang menjadi favorit banyak orang. Kata “Hong” yang berarti merah dan melambangkan keberanian dan juga kebahagiaan dan “Yuan” yang berarti taman. Tema yang dipilih adalah “Chinese Garden”, karena suasana tenang dan nyaman seperti taman di negeri China memiliki nuansa yang santai dan orang-orang dapat merasakan ketenangan yang dapat menenangkan pikiran. Suasana dari taman negeri China tersebut diterapkan ke dalam dekorasi. Seluruh “Hong Yuan” staf memiliki nama panggilan yaitu “Golden Squad” yang memiliki arti sesuatu yang berharga dan saling menghargai satu sama lain.

Restauran ini dibuka sejak tanggal 18 April 2017 hingga berakhir pada 8 Juni 2017, Hong Yuan Hotel and Restaurant dibuka setiap hari Selasa sampai Jumat dengan jam operasional mulai dari pukul 09.00 wib sampai dengan 20.30 wib. Hong Yuan Hotel and Restaurant memiliki beberapa menu special dari makanan, minuman dan makanan penutup (dessert). Menu makanan spesialnya adalah ‘Golden Cock’, terbuat dari irisan ayam yang dibalut dengan tepung dan digoreng, kemudian dimasak bersama bumbu special telur asin dan disajikan bersama nasi goreng special ala HONGYUAN. Sedangkan untuk minuman adalah Hong Suan, minuman ini special karena bahan utamanya adalah manisan kiamboi China yang di top up dengan soda. Untuk menu dessert spesial adalah Hong Tian, dessert yang berisi red velvet cake dengan cream cheese disajikan dengan mandarin sauce dan juga homemade caramel popcorn.

Mahasiswa Program Manajemen Perhotelan semester enam ini yang sedang praktek ini dibagi menjadi beberapa departemen yakni Service, Pastry, Produk, House Keeping, dan Front Office dimana setiap 5 hari,  mahasiswa diputar untuk berganti departemen. Kendati berjalan dengan sukses, namun mahasiswa manajemen perhotelan ini bukan berarti tidak menemukan kendala. “Banyak kendala yang kami lalui dalam pembukaan dan operasional HONGYUAN ini. Kendala yang kami lalui seperti adanya perbedaan pendapat antara para Golden Squad satu sama lain sehingga memerlukan waktu untuk diskusi untuk penyelesaiannya, selain itu kendala kami juga pada kualitas kontrol setiap produk yang memiliki rasa yang berbeda setiap hari dikarenakan staff yang berbeda-beda saat pergantian pergantian kerja sehingga kami harus meningkatkan kontrol kualitas kami,” urai Reynaldo Hartanto selaku General Manager Hong Yuan Hotel and Restaurant.

Harapan dari mahasiswa manajemen perhotelan yang praktek ini pun terurai melalui proyek ini. “Harapannya, setelah dari pengalaman membuka hotel dan restoran ini ketika kami berada di dunia industri, kami telah memiliki bekal pengalaman sebagai dasar untuk dapat bekerja di industri. Melalui pelajaran yang telah kami dapatkan selama mata kuliah Manajemen Operasional Hotel ini kami dapat menggunakannya sebagai standar dalam kami bekerja di industri, tutup Reynaldo Hartanto (fsc/dit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here