SHARE

Kreativitas dan inovasi mahasiswa Universitas Kristen Petra (U.K. Petra) terus dikembangkan dalam hal seni dan desain. Hal ini diimplementasikan melalui pameran Adiwarna 2017 yang digelar oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) U.K. Petra. Adiwarna 2017 merupakan gelaran tahunan pameran tugas akhir mahasiswa jurusan DKV Universitas Kristen Petra. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan Adiwarna 2017 antara lain adalah pameran karya tugas akhir, talkshow peran desain dalam merespon keadaan, talkshow peluang di Industri kreatif, workshop kreatif, screening film, bedah karya peserta pameran, bazaar kreatif, bursa karir dan penutupan Adiwarna 2017 berupa acara awarding night dan acara musik.

Salah satu tujuan kegiatan Adiwarna 2017 adalah untuk memperkenalkan peran desainer dalam menciptakan solusi kreatif terhadap problematika yang terjadi di masyarakat. Oleh sebab itu, tema yang diangkat tahun ini adalah Karyakarsa. “Karyakarsa sengaja diangkat untuk membuka pengetahuan masyarakat bahwa lulusan DKV UK Petra yang berkarya ini tidak hanya untuk memikirkan estetika saja namun juga dilatih memiliki pola pikir problem-solver dari berbagai permasalahan yang dihadapi”, urai Oscar selaku ketua panitia acara Adiwarna 2017. Selain itu, gelaran Adiwarna kali ini bertujuan sebagai sarana prestasi, sarana apresiasi, dan sarana edukatif.

Pameran tugas akhir mahasiswa DKV angkatan 2013 ini diadakan selama tiga hari di Grand Atrium Pakuwon Mall yakni pada tanggal 11 Agustus hingga 13 Agustus 2017. Gelaran Adiwarna kali ini menampilkan 55 karya terbaik dari seluruh mahasiswa Program Studi DKV angkatan 2013. 55 karya terbaik ini akan dipilih oleh para dosen, tanpa dibatasi oleh penjurusan yang ada dalam program studi. Jenis karya yang dipamerkan antara lain berupa komik, campaign, branding, pengembangan packaging, produk, fotografi, video, buku interaktif, dan media promosi. Semua karya ini dibuat dengan latar belakang permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Sedangkan, rangkaian acara talkshow diadakan pada tanggal 12 Agustus 2017 di Ruang Audio Visual Gedung T Lantai 5 (AVT.502) dengan mengangkat topik “Merespon keadaan dengan desain”. Talkshow Adiwarna 2017 menghadirkan dua pembicara yakni Irwan Ahmett dan Antitank.  Kedua pembicara ini mengimplementasikan sebuah seni dan desain sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kondisi disekitar lingkungannya. Karya yang dihasilkan beragam, seperti  berupa kegiatan bersama dan menghasilkan karya serta poster untuk menunjukkan aspirasi dan opini. Selain itu, terdapat rangkaian workshop Wood Cut Art Work bersama komunitas Mata Rante pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Adiwarna 2017 juga menampilkan job fair dan creative market. Job fair diadakan untuk mengenalkan calon fresh graduate dengan perusahaan yang sesuai dengan bidang Desain Komunikasi Visual (DKV). Tidak hanya mengenalkan mahasiswa pada perusahaan, namun juga mengenalkan perusahaan pada mahasiswa. Salah satu harapannya adalah adanya kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dengan perusahaan karena karya desain yang dihasilkan (fsc/Aj).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here