SHARE

Jumat, 22 September 2017 menjadi tanggal yang istimewa dan membahagiakan bagi sivitas akademika Universitas Kristen Petra (U.K. Petra). Pasalnya pada hari itu, UK. Petra merayakan hari jadinya yang ke-56. Rapat Terbuka Senat Universitas Kristen Petra Dies Natalis ke-56 diadakan di Auditorium UK Petra kampus Timur, jalan Siwalankerto 142-144 Surabaya mulai pukul 09.30 WIB yang dimeriahkan dengan berbagai macam gelaran mulai dari pemberian beasiswa, penghargaan dan prestasi yang dibuka langsung oleh rektor UK Petra. Dalam sambutannya, Rektor U.K. Petra Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr.Eng mengatakan bahwa “Meskipun banyak tantangan yang dihadapi selama tahun akademik 2016/2017 baik internal maupun eksternal, kita harus bersyukur dapat menyelesaikan semua aktivitas dan program dengan baik. Segala kesalahan yang dibuat baik sengaja maupun tidak sengaja, dengan rendah hati kita mau belajar mengakuinya dan belajar saling mengampuni sebagai anak Tuhan untuk menjadi kesaksian dan teladan”.

Dalam acara yang dihadiri oleh sivitas akademika tersebut, juga dicakan Laporan Rektor mengenai kegiatan maupun prestasi sepanjang tahun akademik 2016/2017. Tercatat basiswa yang diberikan UK Petra sebesar Rp 3.053.205.000,- kepada 368 mahasiswa. Beasiswa tersebut dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya Aktif Berprestasi, Ekonomi Lemah, Kawasan Timur Indonesia (KTI), Keluarga besar UK Petra, Mitra putra-putri guru, mitra Prestasi Sains, anak pendeta, prestasi akademik, lomba UK Petra, Petra Prestasi Sains dan Olimpiade Sains Nasional. Dies Natalis juga diramaikan dengan penyerahan penghargaan yaitu Petra Kencana Karya kepada pegawai akademik maupun persona kependidikan yang telah mengabdikan diri selama 20 tahun di UK Petra. Petra Kencana Karya dibagikan kepada 18 orang. Selain Petra Kencana Karya, Petra Kencana Bhakti juga diberikan kepada 4 orang karyawan baik persona kependidikan dosen maupun non-dosen yang telah mengabdi di UK Petra selama 30 tahun.

Berbagai prestasipun mewarnai perhelatan tahunan ini. Tercatat sebanyak 47 prestasi mulai dari bidang Seni, Penalaran dan Olah raga yang diikuti para mahasiswa. Prestasi ini terdiri dari 8 prestasi ringkat Regional, 23 prestasi tingkat Nasional dan 16 prestasi Internasional. Begitu juga dengan para karyawan akademik (dosen) juga memperoleh penghargaan yaitu penghargaan Indeks Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (IKP2M). IKP2M ini merupakan sebuah pengukuran kinerja dosen UK Petra Surabaya dalam bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dosen dengan Kinerja Penelitian Terbaik 2017 diraih oleh Doddy Prayogo, Ph.D dari Program Studi Teknik Sipil yang berhasil mendapatkan poin sebesar 73,30. Sedangkan prestasi Dosen Muda dengan nilai IKP2M terbaik 2017 diraih oleh Gesti Memarista, M.SM. dari Program Manajemen Keuangan. Begitu juga dengan Laksmi Kusuma Wardani Dr., S.Sn., M.Ds. ditetapkan meraih dosen dengan Kinerja Abdimas Terbaik 2017. Tak ketinggalan juga Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ditetapkan sebagai Fakultas dengan Kinerja P2M Terbaik 2017 dan Program Studi (Prodi) Teknik Sipil meraih Prodi dengan Kinerja P2M terbaik 2017. Ditambah lagi pada saat perhelatan Dies Natalis ke-56 ini juga diberikan penghargaan Pegawai Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VII tahun 2017 yaitu Dra. Supit Bahlavawakti sebagai Kepala Bagian Pelaksanaan Anggaran Biro Administrasi Keuangan sebagai peraih juara tiga pemilihan Tenaga Pengelola Kuangan Berprestasi dan Eunike Kristo Julistiono, ST., M.Des.Sc., selaku Ketua Program Studi Arsitektur peraih juara dua Pemilihan Ketua Program Studi Berprestasi.

Seusai pemberian penghargaan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ir. Hary S. Listijo selaku seketaris pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) U.K. Petra. Dalam sambutannya, Hary berpesan bahwa U.K Petra kedepannya perlu meningkatkan prestasi-prestasinya lagi. Ditambahkan lagi untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada diperlukan kerjasama yang berkesinambungan berlandaskan kasih dengan semuanya mulai dari yayasan, rektor, dosen, persona kependidikan hingga mahasiswa. (Aj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here