SHARE

Program internasionalisasi terus digerakkan oleh Universitas Kristen Petra guna mendukung mahasiswa untuk maju dan berkembang seiring perkembangan jaman. Visi UK Petra yakni menjadi universitas yang peduli dan global yang berkomitmen pada nilai-nilai kristiani menjadi latar belakang terus digerakkannya program inetrnasionalisasi. Hal ini diimplementasikan melalui adanya program terbaru yakni International Program in Digital Media. Berada di bawah naungan Fakultas Seni & Desain, International Program in Digital Media hadir untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa terkait digital media yang kini menjadi pusat perhatian di berbagai negara.

International Program in Digital Media merupakan sebuah program kolaborasi antara Universitas Kristen Petra dan Dongseo University Korea. Tujuannya untuk mempersiapkan mahasiswa dalam hal pengetahuan di bidang industri animasi game, animasi digital dan audio visual serta memahami dan menerapkan pengetahuan yang komprehensif terkait dengan produksi konten digital yang sekaligus mendorong di bidang kewiraswastaan ​​dan wirausaha.
Pada International Program in Digital Media di UK Petra, mahasiswa akan menggunakan metode berbasis informatika yang diterapkan dalam platform penciptaan permainan, animasi digital dan efek visual. Selain itu, pada program yang berdiri pada tahun 2016 ini memungkinkan penerapan pengetahuan interdisipliner melalui interaksi teknis dan kreatif yang melibatkan sistem media material dan digital. Berbeda dengan program lainnya, program berbasis Internasional ini akan menggunakan Bahasa Inggris selama perkuliahan.

Istimewanya, program ini menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk mencicipi berkuliah di Negeri Ginseng, Korea Selatan. Penyelesaian program ini membutuhkan 147 kredit yakni dengan 81 kredit yang ditempuh di Universitas Kristen Petra dan 66 kredit yang ditempuh di Universitas Dongseo, Korea Selatan. Durasi studi program ini adalah 4 tahun (8 semester). Tahun pertama dan kedua studi dilakukan di UK Petra dan tahun ke 3 dan ke 4 akan dilakukan di Universitas Dongseo, Korea Selatan. Selain itu, mahasiswa akan memperoleh dua gelar sekaligus, yakni S.Ds., B.Sc. (Sarjana Desain & Bachelor of Science).
Terdapat beberapa syarat untuk calon mahasiswa diterima dalam program kelas internasional ini. Persyaratan tersebut antara lain adalah calon mahasiswa memiliki ijazah SMA. Selain itu, mengikuti tes Bahasa Inggris berupa TOEFL/IELTS atau tes yang sejenis dengan skor  TOEFL minimal 550. Selain tes Bahasa Inggris, calon mahasiswa harus lulus tes menggambar, wawancara, dan juga tidak buta warna.

Selain itu, UK Petra juga menawarkan beberapa fasilitas pendukung pembelajaran selama berkuliah. Fasilitas tersebut seperti Laboratorium Digital Graphic, sebuah laboratorium yang digunakan untuk ilustrasi digital dengan menggunakan pen tablets. Selain itu digunakan untuk perkuliahan Digital Imaging, Web Design, 3D, dan animasi. Kedua, terdapat Laboratorium Multimedia yang digunakan untuk Audio-Video dan produksi film. Laboratorium ini dilengkapi dengan kamera digital, drone, VR headset, dan Arduino. Ketiga, terdapat Studio Menggambar yang digunakan untuk Tipografi, 3D Modelling, Ilustrasi, dan lain-lain (fsc/Aj).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here