SHARE

Peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan bagi mahasiswa adalah hal yang penting dalam dunia pendidikan tinggi. Untuk mendukungnya, Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan regulasi yang terkait memprogramkan kegiatan penghargaan bagi para tenaga pendidikan tinggi yang berprestasi. Dua wakil dari UK Petra mendapatkan penghargaan ini pada periode 2017. Berikut adalah penggalan kisah prestasi kedua wakil berprestasi UK Petra ini.

Eunike Kristi Julistiono, S.T., M.Des.Sc.

Juara II Ketua Prodi Berprestasi

Pemilihan Kaprodi Berprestasi bertujuan memberikan penghargaan pada Kaprodi yang telah berhasil berperan sebagai ujung tombak pelaksanaan pembelajaran di perguruan tinggi. Dalam pemilihan kali ini, Eunike yang adalah Ketua Program Studi Arsitektur UK Petra ini mengajukan karya inovasi dengan judul “International Joint Workshop dalam rangka Internasionalisasi”. Inovasinya dilatarbelakangi kesulitan merintis program internasional untuk prodi Arsitektur yang disebabkan oleh adanya perbedaan kurikulum bersistem studio dan masa studi yang berbeda-beda dari berbagai universitas mancanegara. Solusi yang diusungnya adalah dengan merintis hubungan kemitraan internasional melalui kegiatan joint workshop. 2 Joint workshop sudah dapat dilaksanakan di tahun 2016, baik di Surabaya (dengan menerima 52 mahasiswa dari UTAR), maupun di luar negeri (dengan mengirim 10 mahasiswa mengikuti workshop 4th PAAU di Taichung, Taiwan). Karya inovasinya ini mengantarkannya meraih juara II Ketua Program Studi Berprestai 2017 tingkat Kopertis 7.

Eunike merasa senang berkesempatan bertemu dan belajar dari para Kaprodi universitas lain. Ia membagikan bahwa ketika diminta mengikuti kompetisi ini, ia sebenarnya tidak merasa berprestasi, karena merasa selama ini hanya berusaha melakukan tugas saya dengan sebaik-baiknya dalam memajukan Prodi Arsitektur dan UK Petra. Namun ia sangat bersyukur karena dengan masuk menjadi 3 besar, ia tidak mengecewakan UK Petra. Eunike mengatakan, “Saat kita dipercaya untuk suatu tugas, setia selalu dan lakukan yang terbaik, maka Tuhan yang akan menuntaskan untuk kita. Karena ketika Tuhan memberi tugas, Dia juga yang akan memperlengkapi, memberkati dan menyertai kita sampai selesai”.

Dra. Supit Bahlava Wakti

Juara III Pengelola Keuangan Berprestasi

Pemberian penghargaan Pengelola Keuangan Berprestasi dari Kemenristekdikti adalah bentuk apresiasi dan rekognisi untuk peningkatan transparansi dan akuntabilitas di bidang keuangan. Dalam pemilihan periode 2017 ini, Supit mengajukan karya inovasi unggul bidang keuangan dengan judul “Mekanisme Pengelolaan Anggaran Berbasis Outcome melalui Optimalisasi Penggunaan Software AGR”. Penyusunan, pelaporan, dan pencatatan anggaran adalah rangkaian kegiatan yang panjang yang dilakukan di seluruh bagian universitas. Dengan menggunakan software khas AGR sebagai alat bantu, Badan Administrasi Keuangan UK Petra mempermudah pengelolaan anggaran bagi semua pihak yang terkait. Karya tulisnya meraih posisi Juara III Pengelola Keuangan Berprestasi. Hal ini patut disyukuri mengingat peserta pengelola keuangan Berprestasi lainnya mempunyai latar belakang dan kompetensi sebagai akuntan profesional dan tenaga pendidikan berpengalaman.

Persona pendidikan yang sudah 26 tahun mengabdi di UK Petra ini bersyukur dapat berpartisipasi meskipun pada awalnya ia merasa kurang mampu untuk mengikuti pemilihan Pengelola Keuangan Berprestasi. Akan tetapi dukungan dan bantuan yang diberikan pimpinan dan rekannya memberikan motivasi dan semangat untuk mengikuti kompetisi ini. Diakuinya dengan jujur bahwa membuat karya tulis itu tidak mudah, sangat menantang dan butuh perjuangan. Selama ini ia selalu berfokus pada pekerjaannya dan tidak pernah terpikirkan untuk membuat karya tulis. Namun setelah mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan apresiasi, ia bersyukur karena bisa lebih melihat dinamika kehidupan di dunia pendidikan yang lebih luas. Ia mengatakan, “Tidak ada kata terlambat, jangan menyerah dan jangan takut melangkah dan jangan takut untuk menggunakan kesempatan yang ada. Mengenai hasil, itu adalah anugerah-Nya semata”. (noel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here