SHARE

Kemajuan jaman dan teknologi membawa masyarakat untuk lebih peka terhadap perubahan yang ada melalui komunikasi. Komunikasi dapat dijalankan dalam dua bentuk yakni bahasa visual maupun mengolah pesan. Komunikasi visual kini kian menarik karena pesan disampaikan secara efektif, informatif dan komunikatif melalui gambar. Oleh sebab itu, pembelajaran mengenai Desain Komunikasi Visual diperlukan untuk menunjang perkembangan penyampaian pesan di era baru.

 

Berdiri sejak tahun 1998, Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) hadir untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa di bidang seni dan desain. Berada di bawah naungan Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra (UK Petra), Prodi DKV memiliki visi menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual di Indonesia yang berperan secara kreatif dan inovatif dalam menjawab perubahan cepat dari kebutuhan masyarakat lokal maupun global.

 

Lulusan Prodi Desain Komunikasi Visual UK Petra akan menempuh masa studi empat tahun dengan total 144 sks. Lulusan Prodi DKV UK Petra akan dibekali pengetahuan dalam bidang industri kreatif seperti advertising, production house, multimedia, graphic design, packaging, branding, event organizer, ilustrasi & komik, art & craft, printing, editorial & publication, fashion, animasi, film, special effects, fotografi, digital imaging, web & interactive media, game.

 

Pada semester enam, mahasiswa diwajibkan memilih salah satu konsentrasi yang ada di Prodi DKV UK Petra. Enam konsentrasi yang ditawarkan adalah visual studies, brand communication (advertising, kewirausahaan, event organizing, branding), graphic design (packaging, komik, street art, photograpghy, digital imaging, art and craft, infografis) , fashion design, dan digital media (animasi, web design, film production, game design).

 

DKV UK Petra memiliki misi untuk membentuk dan menghasilkan sarjana DKV yang mampu menjadi pembelajar mandiri, beretika, dan profesional, melalui kualitas pembelajaran yang mengedepankan kreatifitas dan inovasi, kepedulian dan kontribusi aktif terhadap permasalahan lingkungan dan masyarakat, sikap adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, dan pembentukan karakter yang memiliki tanggung jawab dan integritas profesi.

Istimewanya, pada tahun 2015, Program Studi DKV berhasil mempertahankan akreditasi A selama tiga periode berturut-turut. Pencapaian yang terbaru adalah pada tahun 2016 Program Studi DKV menawarkan Program Internasional pertama. DKV UK Petra bekerjasama dengan Dongseo University, Korea Selatan membuka International Program in Digital Media (IPDM). IPDM adalah sebuah program double degree, mahasiswa akan berkuliah selama dua tahun di UK Petra dan dua tahun di Korea Selatan sekaligus mengantongi dua gelar.

 

Dalam proses belajar mengajar, program studi DKV UK Petra menyediakan fasilitas yang mumpuni untuk mahasiswa dapat belajar dengan nyaman dan praktis. Fasilitas tersebut antara lain adalah laboratorium graphic yang digunakan untuk mata kuliah ilustrasi digital, digital imaging, desain web, 3D, dan animasi. Selain itu, terdapat studio fotografi yang digunakan untuk fotografi analog dan digital, mulai dari ruang gelap hingga modelling dan table top. Studio gambar yang digunakan untuk mata kuliah studio DKV, seperti Dasar Desain, Tipografi, Menggambar, Ilustrasi. Laboratorium Multimedia digunakan untuk kepentingan Audio-Video dan Produksi Film, dilengkapi fasilitas seperti kamera digital, green screen, drone, VR Headset (fsc/padi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here