SHARE

Transisi dari masa sekolah masuk ke kuliah adalah masa krusial dimana seorang calon mahasiswa baru berkenalan dan beradaptasi dengan peran baru yang akan diambilnya. Untuk mempermudah adaptasi dan memberikan pengalaman awal yang baik, Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan acara pembekalan sebelum tahun ajaran baru dilaksanakan yang dikenal dengan nama Welcome Grateful Generation (WGG). Ada catatan unik di sini, yaitu Grateful dalam WGG memiliki makna “penuh kasih karunia”. Dengan demikian WGG dimaksudkan sebagai acara penyambutan satu angkatan yang dipenuhi kasih karunia.

Pada tahun 2017 ini WGG mengusung tajuk “Growing as a Fighter to be a Survivor. Rangkaian WGG tahun ini didahului dengan briefing dan pembagian atribut mahasiswa seperti jas almamater, topi, muts, pin fakultas dan buku panduan WGG pada para mahasiswa baru sebanyak 2047 orang mahasiswa pada tanggal 24 Juli 2017. Pada tanggal 25-28 Juli 2017, para mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan Pra WGG yang terdiri atas: a) Tes Kepribadian masing-masing mahasiswa, yang kemudian hasilnya akan dipakai sebagai bahan diskusi; b) Tes Potensi Karir untuk memetakan karakter kerja yang cocok; c) Pengenalan Perpustakan; dan d) Pengenalan Sistem IT Kampus.

WGG secara resmi dibuka pada 31 Juli 2017 dengan acara Opening Ceremony yang dilaksanakan di Auditorium. Dalam Acara opening ini, para mahasiswa baru diajak berkenalan dengan Rektor dan para Wakil Rektor; serta para Ketua Program Studi. Sehari setelah acara pembukaan pada tanggal 1 Agustus 2017, para mahasiswa baru mengikuti kegiatan WGG di program studi masing-masing. Pada tanggal 2 Agustus 2017, peserta WGG mengikuti sesi Wawasan Kebangsaan dengan narasumber Andy F. Noya, jurnalis senior yang mengasuh talkshow inspiratif di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Sesi ini dimaksudkan untuk memberikan kesadaran atas kondisi bangsa dan negara dalam rangka menumbuhkan cinta atas bangsa dan negara sehingga para mahasiswa baru terinspirasi untuk berkontribusi dan memberi solusi atas permasalahan yang ada dalam masyarakat.

Dalam kegiatan di dua hari selanjutnya, para peserta lebih banyak melakukan aktivitas diluar ruang kelas. Pada tanggal 3 Agustus 2017, para mahasiswa baru mengikuti kegiatan Campus Tour dan Rally yang bertujuan mengenalkan mereka dengan biro dan unit kampus dan juga fungsi masing-masing. Selain itu, para peserta juga mengikuti permainan berkelompok yang bertujuan untuk menjalin relasi yang baik antara peserta dan panitia, serta mengenalkan nilai-nilai yang ada di UK Petra pada para mahasiswa baru. Pada tanggal 4 Agustus, yang merupakan hari aktivitas terakhir para peserta WGG, ada dua agenda besar, yaitu: Open House Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang digelar di Lapangan Hijau Kampus Tengah dan selasar di sekelilingnya; dan Pengabdian Masyarakat.

Open House UKM memberi kesempatan para mahasiswa baru dan UKM untuk saling mengenal. Dalam open house ini, masing-masing UKM mendapatkan kesempatan untuk unjuk kegiatan,  diantaranya UKM Abdi Negara, yaitu Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Korps Sukarelawan (KSR), menggelar simulasi penanggulangan terorisme.

Pengabdian Masyarakat yang dilakukan para mahasiswa baru ini dilaksanakan di lingkungan sekitar kampus, yaitu di sekitar Jalan Siwalankerto TImur V, jalan di belakang lapangan olah raga UK Petra (Lapangan Anta); dan sekitar Jalan Pisang dan Jalan Nanas. Pelayanan yang mahasiswa baru  laksanakan adalah membagikan bingkisan parcel, mengecat tong sampah, dan mural.

Seluruh rangkaian acara WGG 2017 ditutup pada tanggal 7 Agustus 2017 dengan Ibadah Penutupan WGG. Kevin Merco selaku Ketua Panitia WGG 2017 menyampaikan harapannya, “Semoga WGG tahun ini bisa memberkati seluruh mahasiswa baru 2017 dan bisa membekali mereka untuk masuk dunia perkuliahan”. (noel/dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here