SHARE

Pendidikan dasar dengan nilai Kristen sudah menghasilkan buah dan eksis sejak lama di Indonesia. Saat ini, dalam atmosfer perkembangan teknologi yang dikenal dengan era digital, kekurangan jumlah guru Kristen di sekolah dasar adalah tantangan yang penting untuk dipecahkan bersama. Kerinduan untuk mendirikan Program studi Pendidikan Guru telah ada sejak tahun 2010. Namun pada waktu itu, Pemerintah menetapkan moratorium (penundaan) pembukaan program studi baru, yang menyebabkan kerinduan itu harus disimpan untuk sementara. Tahun 2014 ketika pemerintah mengumumkan kembali terbukanya kesempatan mendirikan Program Studi baru, tim pembukaan Program Studi Pendidikan Guru PAUD dan SD langsung merancang dan menyusun kembali proposal pendirian Program Studi Pendidikan Guru dengan kebutuhan teraktual. Program Studi Pendidikan Guru SD, merupakan wujud komitmen UK Petra dalam membangun SDM Bangsa dengan menghadirkan guru SD yang siap mendidik secara fisik, jiwa, moral spiritual, kepribadian dan karakter anak didik pada masa emasnya, yaitu usia sekolah dasar. Sesuai dengan tantangan kebutuhan atas guru yang disebut di atas, PGSD mengusung visi “Menghadirkan pendidik yang berkarakter, berdedikasi, kreatif, dan mengasihi Tuhan, serta berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani. Program Studi ini secara resmi dibuka pada 11 November tahun 2015 dengan legalitas Surat Keputusan Menristekdikti Nomor 47-KPT-1-2015.

Program studi ini membekali mahasiswa dengan pendidikan karakter bernilai kristiani. Pembekalan ini diberikan melalui rancangan mata kuliah yang ada, melalui praktek dan program-program pendidikan yang disediakan. Selain memegang karakter Kristiani, guru lulusan program studi ini juga memiliki wawasan global. Mereka bisa terbuka untuk memfasilitasi pendidikan yang bersifat global, tidak hanya pada kurikulum nasional saja. Lebih spesifik lagi, program studi ini mengemban misi menyelenggarakan pendidikan yang mengembangkan potensi mahasiswa secara holistik sesuai nilai-nilai Kristiani, menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan konsep dan teknik pembelajaran yang inovatif demi peningkatan kualitas pendidikan Sekolah Dasar, baik di tingkat nasional maupun internasional, dan menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan SD di sekolah-sekolah dasar di Jawa Timur, terutama di sekitar kampus UK Petra.

Dalam mencapai misi ini, disediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan pendidikan. Fasilitas laboratorium tersedia untuk memberikan kesempatan mengasah kemampuan mahasiswa, diantaranya adalah Laboratorium Kreativitas, Laboratorium Konseling dan Terapi Bermain, Laboratorium Microteaching dan Laboratorium Child Care. Selain laboratorium, disediakan juga fasilitas Perpustakaan Mini dan Ruang Mentoring. (noel/padi)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here