SHARE

Sebagai upaya untuk mengaktualisasi ikatan alumni, Program Studi (prodi) Teknik Elektro Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan Temu Alumni Program Studi Teknik Elektro pada tanggal 20 Oktober 2017 di Gedung P UK Petra. Kegiatan berkumpul alumni program studi Teknik Elektro ini telah diadakan rutin setiap bulan sekali sejak Reuni dan Perayaan Dies Natalis ke-35 pada tanggal 6 Mei 2017 yang dihadiri lebih dari 200 orang alumni. Akan tetapi Temu Alumni bulan Oktober ini adalah temu alumni yang pertama kali diadakan di kampus UK Petra. Acara ini juga merupakan kelanjutan dari diskusi yang dilakukan bulan Mei dimana para alumni berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata pada almamater.

Kontribusi nyata alumni pada almamater ini direalisasikan dalam bentuk sumbangan 4 unit Panel Programmable Logic Controller (PLC) yang berguna sebagai modul praktikum mahasiswa. Panel PLC bermerk Siemens yang diberikan perusahaan milik Tjitrosutardjan Agung alumnus angkatan 1983 ini adalah contoh dari PLC kelas industri (industrial grade) yang memiliki beragam fitur mutakhir seperti: memiliki output analog, hal ini adalah istimewa karena PLC pada umumnya tidak memiliki output analog yang built-in, smart relay. PLC dibekali dengan kemampuan Ethernet sehingga memungkinkan IOT (Internet of Things) dan fitur Wireless Application Protocol yang memungkinkan PLC ini berfungsi IOT tanpa kabel. Penambahan panel ini dalam Laboratorium Automasi memudahkan mahasiswa memahami teori yang didapatkan dan mengaplikasikannya pada kondisi nyata.

Selain serah terima panel PLC ini, dilaksanakan juga rapat untuk merencanakan kegiatan bersama almamater dan alumni. Dalam presentasinya, Kepala Program Studi Teknik Elektro, Ir. Murtiyanto Santoso, M. Sc., memaparkan kondisi dan tantangan yang dihadapi program Teknik Elektro. Para alumni kemudian mengkontribusikan pandangan dan juga ide mereka untuk memajukan program studi. Rapat ini menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain: pertemuan rutin untuk mendiskusikan masalah-masalah yang relevan dan dilakukan upaya branding Program Studi Teknik Elektro.

Apresiasi atas inisiatif dan kepedulian alumni muncul dari Sekretaris Program Studi, Julius Sentosa Setiadji, S.T., M.T., yang mengatakan “Saya mengapresiasi para alumni yang peduli pada Prodi Teknik Elektro dan ikut serta menyumbang pikiran, tenaga dan biaya agar program studi terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi”. (noel/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here