SHARE

Melihat tantangan industri konstruksi seiring dengan bertambahnya jumlah pembangunan dan  kompleksitasnya baik di bidang teknik maupun manajerial, menjadi latar belakang pendirian Program Studi (prodi) Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) pada tahun 1996. Program Studi Magister Teknik Sipil hadir untuk menyediakan pendidikan berkualitas akademik dan profesional dengan tujuan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan kesempatan berkarier sebagai manajer proyek yang kompeten. Hal ini dilakukan dengan cara membekali peserta program dengan ilmu pengetahuan teknik sipil yang terpadu agar lulusan mampu mengimplementasikan bekal ilmunya dalam menghadapi  problem nyata di dunia konstruksi serta membekali peserta program dengan kemampuan mengantisipasi tantangan dan perkembangan dunia industri konstruksi. Berdasatkan SK No. 966/SK/ BAN-PT/ Akred/M/VIII/2015, saat ini Program Studi Magister Teknik Sipil terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan peringkat B.

Program Studi Magister Teknik Sipil memiliki tiga bidang studi yaitu manajemen konstruksi, rekayasa struktur dan rekayasa geoteknik. Manajemen konstruksi terdiri dari manajemen proyek bangunan dan manajemen properti. Masa studi program ini dapat diselesaikan dalam 4 semester dengan jumlah total 39 satuan kredit semester (SKS) yang terdiri dari 33 SKS mata kuliah dan 6 SKS thesis. Lulusan yang menyandang gelar “Magister Teknik” (M.T) dapat menjadi konsultan, kontraktor, developer dan dosen. Visi dari program studi ini adalah menjadi program studi teknik sipil jenjang S2 yang didasari pada nilai-nilai Kristiani, berperan aktif membentuk sumber daya manusia sehingga memiliki landasan keilmuan teknik sipil yang kokoh dan handal, mandiri, peduli serta mampu berkiprah dalam pembangunan di tingkat regional maupun global. Sementara misi untuk mendukung visi ini adalah menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan keilmuan teknik sipil, mandiri, peduli serta profesional dalam industri konstruksi, teknologi bangunan, dan bisnis properti dengan berlandaskan nilai-nilai Kristiani. “Tidak hanya kuliah ilmu teoritis, keunggulan dari Program Magister Teknik Sipil UK Petra adalah juga memberikan pembekalan praktis. Penelitian mahasiswa juga kami arahkan untuk mencari solusi terhadap isu-isu terkini, seperti lingkungan, green buildings, dan green material,” ungkap Wong Foek Tjong, Ph.D selaku Kepala Program Studi Magister Teknik Sipil.

Program Studi Magister Teknik Sipil juga memiliki Program Dual Master’s’ Degree yaitu program kerjasama internasional dengan Asia Institute of Technology, Thailand untuk mendapatkan dua gelar yaitu Magister Teknik dan Master of Engineering (M.T. dan M.Eng.). Selain itu, terdapat Program Joint Master’s’ Degree bekerjasama dengan National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan, dimana lulusan akan memperoleh dua gelar yaitu Magister Teknik (M.T.) dan gelar Master of Science  (M.Sc.). Tidak hanya itu, para praktisi dan profesional dengan latar belakang S1 yang ingin menambah  wawasan sesuai dengan kebutuhan profesi atau pekerjaannya dapat mengikuti Program Profesional (Non Gelar – Sertifikat). Peserta dapat mendaftar beberapa mata kuliah yang diperlukan dan mengikuti kuliah secara penuh bersamaan dengan mahasiswa program reguler, dan pada akhir studi setelah dinyatakan lulus dari ujian akan memperoleh sertifikat untuk mata kuliah yang bersangkutan. (rut/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here