SHARE

Pengalaman mengaplikasikan pengetahuan yang sudah didapatkan di kelas merupakan modal yang berharga saat memasuki dunia profesional kelak. Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan satu kegiatan pada tanggal 12 November 2017 dimana sekitar 50 mahasiswa peserta mata kuliah Event  menyelenggarakan acara Petra Action Sunday di Surabaya Town Square (SUTOS).

Dalam kegiatan ini para mahasiswa terbagi dalam empat kelompok dan masing-masing kelompok ditugaskan menyelenggarakan satu kegiatan. Keempat kegiatan yang diselenggarakan adalah Talkshow Xplore Indonesia, Zumba Party, Stomp the Floor Dance Competition, dan Sunday Night Live Music.

SUTOS terlihat berbeda di pagi hari Minggu itu, karena di selasar lantai dasar berderet 30 stand bisnis tour & travel online serta bisnis yang terkait. Bazar ini merupakan bagian dari kegiatan Talkshow Xplore Indonesia. Talkshow ini mengangkat tema “Pariwisata di Jawa Timur” dengan menghadirkan Medina Kamil sebagai narasumber. Medina Kamil dalam perbincangan mengatakan Surabaya sebagai titik transit wisata menjadi titik awal  eksplorasi destinasi wisata baru di Jawa Timur yang semakin populer di mata para wisatawan. Setelah mendapatkan wawasan tentang travelling, pengunjung acara yang tertarik untuk mengeksplorasi wisata di sekitar Surabaya dapat berdiskusi dengan para penyedia jasa tour & travel online. Diharapkan dengan adanya acara ini timbul persepsi yang positif dan kepercayaan terhadap agen travel  daring. Menurut Jenny, mahasiswa yang bertindak sebagai Event Organizer Manager (EOM), dia dan kelompoknya belajar banyak hal saat menyelenggarakan event ini. Mereka belajar menjalin hubungan dengan pihak-pihak eksternal, mencari penyewa dan menggalang sponsor. Jenny bersyukur mendapatkan respon positif dari para pemangku kepentingan bahkan ada yang sudah menyatakan akan berpartisipasi dalam kegiatan serupa.

Zumba Party dengan slogan “Calories Burning While Having Fun” dilaksanakan pada sore hari, sekitar 170 peserta memakai baju bertema patriotisme mengikuti acara senam bercampur tarian ini. Ferren, mahasiswa yang  bertindak sebagai EOM acara imengatakan bahwa mereka belajar promosi marketing dengan menyesuaikan isi acara dengan target pengunjung, dimana dalam satu kegiatan harus memiliki daya tarik tertentu supaya dapat menarik pengunjung. Dalam hal operasional, mereka belajar merancang layout tempat acara untuk mengakomodasi senam di tempat terbuka dengan tidak menghalangi jalur jalan kaki pengunjung mall, di sisi manajemen resiko, mereka belajar mempersiapkan rencana alternatif berkaitan dengan kondisi ruang di tempat terbuka dan di musim penghujan.

Seusai Zumba, panggung Petra Action Sunday diisi oleh kompetisi dance “Stomp the Floor”. Sebanyak 8 Kelompok finalis dance tampil di atas panggung Action Sunday. Penampilan mereka dinilai dan diberikan masukan oleh dewan juri yang terdiri dari pelaku dancer profesional:  Semmy, Adid dan P-Nut. Agenda terakhir rangkaian acara Action Sunday adalah Sunday Night Live Music yang menghadirkan Jevin Julian, seorang musisi elektronik musik dance dan Neomora.

Dosen pengampu Mata Kuliah Manajemen Event, Serli Wijaya, S.E., M.Bus., Ph.D., mengatakan “diharapkan dengan mengadakan kegiatan semacam ini para mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keahlian untuk mengelola sebuah event”. (noel/dit)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here