SHARE

Roda kepemimpinan di kampus Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengalami pergantian. Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra secara resmi melantik Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. sebagai rektor baru Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya, periode 2017-2021, menggantikan Prof. Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr.Eng., yang telah menyelesaikan dua periode masa kepemimpinan sebagai rektor. Prosesi pelantikan ini dilakukan hari Jumat lalu (15/12) di Auditoium P1-P2 pukul 09.00 WIB. Pelantikan rektor baru ini berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan No 127/Kept/YPTK/XII/2017 tanggal 6 Desember 2017.

Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam ini berlangsung kidmat. Persembahan pujian dari Paduan Suara Universitas (PSU) berjudul “His Strenght is Perfect”, mengajak para tamu undangan mengandalkan Tuhan yang akan menguatkan dengan kasihNya dan memampukan. Dilanjutkan renungan singkat yang dibawakan oleh Bedjo, S.E., M.Div., Th.M. selaku Kepala Pusat kerohanian UK Petra dengan mengajak para hadirin untuk merenungkan Firman Tuhan dari Matius 20 : 25-28. Kristus mengajarkan hal yang kontra dengan nilai-nilai dunia, dan sebagai anak-anak Tuhan harus tetap mencerminkan hidup Kristiani. “Hendaknya kita dengan rendah hati melayani Tuhan dan sesama, bukan meminta untuk dilayani. Sebab itulah yang diinginkan oleh Tuhan Yesus”, urai Bedjo.

Setelah kebaktian selesai, dilanjutkan dengan prosesi pelantikan sekaligus pemberian laporan pertanggungjawaban kepada rektor yang baru sebagai simbol bahwa UK Petra telah berganti pemimpin. Doa peneguhan dilakukan oleh pendeta GKI Kutisari Indah, Setyahadi, S.Th., mengiringi langkah rektor UK Petra periode 2017-2021 dengan mantap. Tampak beberapa tamu undangan universitas hadir dalam acara ini diantaranya Koordinator Kopertis Wilayah VII Jawa Timur yaitu Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA yang berpesan. “Saya mengenal Prof. Djwantoro dengan baik sama seperti dengan Prof. Rolly Intan. Keduanya mempunyai potensi yang sangat baik dalam memimpin UK Petra. Saya yakin UK Petra kedepan dapat berkembang dengan lebih baik lagi”.

Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengurus YPTK, Ir. Hary S. Listijo. Dalam kesempatan ini, Hary memberi masukan bahwa tantangan kedepan makin banyak dan perubahannya juga sangat cepat, artinya beban rektor UK Petra periode 2017-2021 tidak mudah. Dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak dan kemampuan yang berkualitas untuk mengelola kampus yang telah memantapkan diri sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ini. “Saya harap kedepan, Prof. Djwantoro juga mampu mengelola lulusan UK Petra agar dapat berguna bagi bangsa dan negara serta melakukan pengawasan terstruktur agar sistem administrasi lebih efisien”, urai Hary.

Sementara itu ditemui terpisah, rektor terpilih Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. mengungkapkan bahwa menjadi Rektor UK Petra adalah sebuah amanat dari Tuhan, serta kepercayaan yang diberikan oleh YPTK Petra dan seluruh Civitas Akademika UK Petra, karenanya kehormatan dan kepercayaan ini akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. “Mari bersama-sama dengan seluruh sivitas akademika, kita songsong era Disruption dengan bersandar kepada Tuhan”, ungkap Pria kelahiran Blora pemegang gelar doktor Teknik Sipil dari Curtin University, Australia. (Aj/dit)


Profil Rektor Universitas Kristen Petra Surabaya
Periode 2017-2021

Nama   : Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng.
Tempat, tanggal lahir  : Blora, 10 Desember 1960
Agama : Kristen
Istri      : Rutini Tanudjaja
Anak   :

  1.   Nathanael Z. Hardjito
  2.   Martin D. Hardjito

Pendidikan      :

  •    2008-Curtin University, Perth, Australia

(Graduate Certificate of Tertiary Teaching/GCTT)

  •    2006-Curtin University, Perth, Australia (Ph.D)
  •    1993-Asian Institute of Technology, Thailand (M.Eng)
  •    1985-Universitas Kristen Petra, Surabaya (Sarjana Teknik)
  •    1979-SMA Negeri, Blora, Jawa Tengah
  •    1975-SMP Negeri I, Blora, Jawa Tengah
  •    1972-SD Katolik, Blora, Jawa Tengah

 -+

Facebook Comments