SHARE

Setiap akhir tahun, King Sejong Institute Surabaya melaksanakan upacara penutupan semester kedua. Pada tahun 2017 ini, Completion Ceremony ini dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2017 di ruang AVT 502 Gedung T UK Petra. Acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur KSI Surabaya, Dra Liliek Soelistyo, M.A., yang memaparkan bahwa tema acara kali ini adalah nuansa Natal. Dalam sambutannya, Liliek juga menyampaikan bahwa KSI Surabaya saat ini sudah memiliki satu Smart Class di gedung Kuncara Sasmita. Smart Class ini bisa menghubungkan pembelajaran di UK Petra dan SMAKr Petra 4 di Sidoarjo. Liliek juga menyampaikan bahwa acara kali ini juga sebagai acara terakhir bersama Olga Odytia Darmadi, S.T. yang sudah dua tahun berbakti dan membimbing murid-murid KSI Surabaya. Pada penulis, Olga menyampaikan kesannya selama berkarya di KSI Surabaya. Dia mengatakan, “ KSI Surabaya sudah mengabulkan cita-cita saya dan saya juga memperoleh banyak teman kerja, pengalaman baru serta suasana yang berbeda dari kantor saya sebelumnya karena ini pertama kalinya saya bekerja langsung dengan orang Korea. Dengan menjadi bagian dari KSI Surabaya, saya jadi tahu lebih banyak tentang budaya Korea terutama etos kerja orang Korea yang semuanya serba cepat dan tepat waktu”.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan makan bersama jajanan khas korea yaitu Kkul-ddeok dan in-jeol-mi. Kedua jajanan ini adalah jenis ddeok (kue dari tepung beras) yang berasa manis. Di Korea, kedua jajanan ini biasa dibuat dan dinikmati di saat perayaan Chuseok yaitu acara penting keluarga yang memperingati nenek moyang keluarga. Bersamaan dengan mengenal budaya Korea melalui mencicipi jajanan ini, para peserta dihibur dengan video kompilasi kegiatan yang sudah dilakukan bersama KSI sepanjang semester 2 tahun 2017 yang baru saja dilalui. Adapun acara-acara tersbut adalah antara lain: Korean Movie Day, Hangeul Day, dan Seminar Studi di Korea. Seusai pemutaran, peserta dihibur dengan pertunjukan menari K Pop Dance oleh murid-murid KSI dan pengajar KSI Surabaya, Hong Jong Youn.

Usai pembukaan dan hiburan, dilaksanakan Pemberian Beasiswa pembebasan biaya studi KSI untuk peserta dengan nilai tertinggi di setiap kelas. Untuk Kelas 1 dan 2 harusnya hanya 1 orang per kelas yang menerima beasiswa, tetapi karena banyaknya peserta maka diberikan untuk 2 orang per kelas. Penerima beasiswa untuk kelas Elementary 1A adalah: Nadya Anindita Wibisono dan Muniha Hikmah. Penerima beasiswa dari kelas Elementary 1B adalah: Olivia Renata Kuswandi dan Evelyn Listiyani. Untuk kelas kelas Elementary 2B, beasiswa diberikan kepada: Maria Angelia dan Natasya Viona. Penerima kelas paling lanjut KSI Surabaya, Intermediate 1A adalah Vincentia Virginia Soehardi.

Seusai penyerahan piagam penghargaan dan beasiswa, acara dilanjutkan dengan pengumuman hari-hari penting KSI Surabaya. KSI membuka pendaftaran untuk semester 1 tahun 2018 pada tanggal 4-31 Desember 2017. Bagi para peserta yang mendaftar, dilaksanakan placement test untuk menentukan kelas yang sebaiknya diikuti pada tanggal 10 Januari 2018. Hasil placement test diumumkan pada tanggal 22-31 Januari 2018. Registrasi dilaksanakan pada tanggal 22-31 Januari 2018. Konfirmasi kelas dan guru pengajar dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018. Semester 1 tahun 2018 KSI dimulai pada tanggal 19 Februari 2018. Pendaftaran ini bisa dilakukan via bit.ly/2018ksi. Pemuncak rangkaian acara hari ini adalah penyerahan raport dan Ijazah Kelulusan Level. Sebanyak 101 murid KSI bergantian dipanggil satu per satu sesuai dengan kelasnya dan menerima dokumen yang menunjukkan hasil belajar mereka selama satu semester yang penuh makna ini. (noel/padi)

Facebook Comments