Kembangkan Potensi Mahasiswa agar Mampu Berkompetisi

Kandidat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra periode 2017-2021: R. Arja Sadjiarto, SE., M.Ak., Ak.

1010
0
SHARE

Siap mendukung visi Rektor Universitas Kristen Petra (UK Petra) selama empat tahun ke depan, itulah jawaban dari R. Arja Sadjiarto, SE., M.Ak., Ak. sebagai kandidat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan periode 2017-2021 yang di kampus biasa dipanggil Arya. Banyak rencana yang ada dalam benak dosen Program Akuntansi Pajak, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi UK Petra tersebut. Salah satunya dengan mendukung proses akreditasi nasional dan internasional yang menjadi perhatian utama Rektor UK Petra. Meskipun mewujudkan akreditasi ini tidak mudah, tetapi bisa dilakukan secara  bertahap dan konsisten, serta dibutuhkan kebersamaan, kesiapan, dukungan dan sinergi dari seluruh sivitas akademika UK Petra.

Salah satu gambaran program kerja yang Arya akan kaji adalah (1) mendorong kegiatan kemahasiswaan dengan aktif mengikuti kegiatan dan kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. “Kita bersyukur dengan banyaknya prestasi mahasiswa di tingkat regional, nasional dan internasional. Partisipasi untuk mengikuti kegiatan dan kompetisi masih bisa dikembangkan mengingat sebenarnya berkat dan talenta-talenta yang dimiliki mahasiswa sangat banyak. Salah satu penilaian akreditasi juga dilihat dari hal ini”, ungkap Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UK Petra, (2) Basis data mahasiswa perlu dicoba untuk dibuat semakin komprehensif, sehingga selain data pencapaian akademik dan keaktifan mengikuti kegiatan kemahasiswaan, kita bisa memiliki data misalkan mengenai potensi keunggulan di bidang seni, jurnalistik, dan olahraga atau kemampuan spesifik lain yang selama ini belum tercatat. Berharap di suatu hari nanti kita akan memiliki basis data yang memudahkan mahasiswa, lulusan, dan pengguna berinteraksi di pasar kerja, (3) Sinergi antara biro, pusat, unit, dan lembaga kemahasiswaan yang ada di jajaran Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan akan terus dijaga. Arya menjelaskan, “Idenya sederhana saja, jika portfolio mahasiswa sangat bagus maka mahasiswa dan UK Petra akan lebih siap bersaing secara global”, (4) Revitalisasi kegiatan pembinaan mahasiswa di bawah program studi/program dengan mengevaluasi kegiatan program/program studi yang kurang optimal dan membuat kegiatan mahasiswa yang sifatnya lebih segar dan berjiwa millenial. Dengan demikian diharapkan para mahasiswa akan menjadi lebih aktif dan independen.

Potensi alumni UK Petra dinilai sangat besar dan pasti ada kehendak baik dari para alumni untuk memberikan kontribusi positif bagi kampus UK Petra. Banyak hal bisa dilakukan bersama-sama untuk mengembangkan kampus UK Petra. “Keinginan inilah yang harus dikelola dengan baik oleh kampus misalkan melalui kegiatan seminar, magang, dan beasiswa dari para alumni UK Petra di seluruh program studi/program yang ada di kampus. Selain itu hubungan yang baik dengan alumni ini akan menambah nilai kita dalam akreditasi”, urai Arya.

Peran Bidang Kemahasiswaan sebagai pendukung bagi para unit akademik harus dilakukan secara optimal. “Kita akan melihat data yang ada di bidang Kemahasiswaan dan berharap kemudian bisa memberikan rekomendasi usulan kegiatan tertentu pada unit akademik dalam rangka menunjang kemampuan para mahasiswa”, tutur Arya yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Keuangan UK Petra periode 2001-2006. Arya berharap kehadiran UK Petra tetap menjadi berkat dan memberikan pengaruh positif untuk masyarakat sekitar. Untuk mewujudkannya diperlukan doa, dukungan, dan koordinasi yang baik dari semua pihak yang ada di kampus UK Petra. “Saya hanya mengikuti proses yang Tuhan berikan ke saya saat ini. Jika Tuhan mempercayakan tugas sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan periode 2017-2021 ini, maka akan saya akan lakukan dengan sebaik mungkin. Semuanya adalah karena kasih karunia”, tutupnya. (Aj/dit)

Facebook Comments