SHARE

Magister Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) boleh berbangga dengan sebuah pencapaian yang datang dari mahasiswanya. Kali ini, Richo Michael Soetanto berhasil menyabet posisi peraih IPK tertinggi dengan angka 3,94. Alumnus S1 Teknik Sipil UK Petra ini berhasil menyelesaikan tugas akhirnya dengan judul Pengembangan Elemen Q4-CNS untuk analisis Pelat Lentur Reissener Minol-In.

Richo memiliki hobi unik yang sangat berpengaruh dalam keberhasilannya sebagai mahasiswa berprestasi, yaitu mengajar. Wisudawan yang sekarang telah membuka usaha kontraktor ini mengaku bahwa kegiatan yang sangat ia sukai selama menjalani perkuliahan adalah mengajar. Ia merasa bahwa untuk dapat mengajar teman-teman dan melihat mereka berhasil merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Richo bahkan melakukan persiapan sebelum ia mengajar teman-temannya. “Sebelum mengajari teman-teman, biasanya saya belajar terlebih dahulu agar dapat menguasai materi. Sebenarnya dari situlah motivasi terbesar saya untuk belajar. Jadi dengan mengajar teman-teman, saya juga ikut menjadi bisa,” ujar wisudawan kelahiran 27 Juni 1994.

 

Pada masa Strata-1nya, Richo juga cukup aktif mengikuti kompetisi. Salah satu kompetisi yang cukup rajin ia ikuti adalah Lomba Kuat Tekan Beton yang biasanya diadakan di UK Petra. Tidak hanya mengkuti kompetisi, ia bahkan juga sempat menjadi anggota kepanitian pada perlombaan ini. Menjadi mahasiswa yang berprestasi tidak menjadikan Richo sebagai seseorang yang sombong, “Tidak ada manusia yang sempurna. Semua manusia memiliki kelemahan. Oleh karena itu, kita semua tidak bisa lepas dari bantuan Tuhan.” (vka/Aj)

Facebook Comments