SHARE

Ivonne Muliawati Harsono adalah wisudawan dengan IPK tertinggi di Program Magister Sastra Universitas Kristen Petra (UK Petra). Ivonne menempuh pendidikan S2 nya dalam waktu empat semester dan meraih IPK sempurna yaitu 4. Bagi wisudawan kelahiran 23 Oktober 1982 ini, kunci dari prestasinya adalah disiplin dalam segala hal.

Judul thesis yang diangkat adalah “A Study of Human Catalyst in Agatha Christie’s Curtain”. Ivonne tertarik untuk meneliti salah satu novel karya Agatha Christie berjudul Curtain. Dibandingkan dengan membahasnya dari sisi moralitas atau kekuasaan, Ivonne lebih tertarik untuk membahasnya dari sisi human catalyst. Dalam ilmu sosial, human catalyst adalah seseorang yang mempercepat sebuah proses. “Selama ini belum pernah ada yang meneliti tentang human catalyst, karena ini merupakan lintas ilmu, dasar-dasar teorinya adalah teori kimia,” ungkap wisudawan yang gemar bermain musik ini.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana Program Studi Sastra Inggris di UK Petra, Ivonne memilih bekerja di sebuah kursus Bahasa Inggris dan menemukan passion untuk mengajar. Cita-cita Ivonne adalah menjadi pengajar di bidang sastra dan budaya, selain itu ia juga ingin menjadi seorang penulis genre fiksi dalam Bahasa Inggris. Motto hidupnya adalah “Before You Are A Believer, You Have To Be A Human”. Sebelum kita menjadi seorang yang beragama dan mempercayai sesuatu yang tidak kasat mata, kita harus tahu artinya menjadi manusia dahulu serta meningkatkan sisi kemanusiaan kita. (rut/Aj)

Facebook Comments