SHARE

Liliana Ester, wisudawan program Sistem Informasi Bisnis Fakultas Teknologi Industri ini meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi pada wisuda ke-73 Universitas Kristen (UK) Petra. Gadis lulusan SMA kristen Petra 2 yang aktif berorganisasi di Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) ini menyelesaikan studi dalam waktu 3,5 tahun dengan skor IPK 3,97.

Liliana mengambil tugas akhir berjudul “Aplikasi Pemilihan Rute Pengiriman Barang pada Perusahaan Elektronik di Surabaya dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering dan Google Maps”. Liliana mengamati efisiensi sistem pengiriman barang di salah satu perusahaan elektronik di Surabaya dengan memanfaatkan database pelanggan dan database pesanan yang masuk ke perusahaan. Data tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan kedekatan perjalanan menggunakan metode K-Means dan dengan bantuan Google Maps dibuatkan rute yang tercepat. Dalam merancang rute, Liliana memanfaatkan algoritma dari Google Maps untuk menghindari jalan-jalan yang terkena kemacetan dan juga menambahkan waktu bongkar muat sepanjang 30 menit di setiap destinasi. Pengembangan dan perbaikan sistem yang didapatkan dari aplikasi buatan Liliana ini adalah petugas pengiriman mendapatkan rute secara daring dari gawai telpon genggam; rute yang didapatkan sudah terurutkan dan disertai perkiraan waktu tempuh perjalanan selain itu pelanggan mendapatkan informasi estimasi waktu kedatangan kiriman lebih akurat.

Menyelesaikan studi bukanlah akhir belajar bagi Liliana, ia berencana untuk melanjutkan pendidikannya di tingkat master bidang Data Science di luar negeri. Menurutnya, keahlian seorang data analyst semakin dibutuhkan menghadapi datangnya revolusi industri 5.0. Liliana membagikan pandangan dalam mencapai prestasi, “Apa yang kita lakukan hari ini menentukan apa yang kita capai di masa mendatang”. (Noel/dit)

Facebook Comments