SHARE

Komunikasi saat ini adalah bagian penting dalam peradaban manusia. Terdorong oleh perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika, komunikasi sebagai penghubung antar manusia mendapatkan pertambahan saluran dan kecepatan transfer informasi. Di dalam atmosfer moderen seperti ini, komunikasi berkembang menjadi industri besar dengan jangkauan global. Mengikuti perkembangan ini, Universitas Kristen Petra (UK Petra) mendirikan Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi pada tahun 2001 untuk memenuhi kebutuhan dunia komunikasi dengan orang-orang yang memiliki komitmen tinggi dan kompetensi komunikasi. Lima tahun kemudian, program studi di dalam Fakultas Ilmu Komunikasi ini mendapatkan nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi A menunjukkan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, dimana lulusannya memiliki nilai lebih ketika bersaing di kancah dunia pekerjaan, maupun ketika menciptakan lapangan pekerjaan. Nilai akreditasi ini secara konsisten diraih dan dipertahankan sampai akreditasi terbaru di tahun 2017.

Ada dua peminatan utama yang bisa dipilih mahasiswa program studi ini, yaitu: Corporate Communication dan Mass Communication. Di peminatan Komunikasi Korporat mahasiswa akan belajar menjadi public relations yang profesional. Mayor Komunikasi Korporat dibedakan menjadi Corporate PR dan Marketing PR. Keduanya bertanggung jawab dalam proses komunikasi organisasi kepada publiknya. Publik adalah orang/kelompok/organisasi yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh organisasi yang diwakili oleh Public Relations. Mengomunikasikan sebuah organisasi atau perusahaan kepada media massa, komunitas, pemerintah, dan publik internal perusahaan adalah tugas Corporate PR. Selain itu, Corporate PR (CPR) fokus pada pembentukan dan pengelolaan citra perusahaan. Pada Marketing Public Relations (MPR), mahasiswa diajarkan untuk selalu jeli terhadap perkembangan brand perusahaan dan produk serta perilaku konsumen. Mahasiswa diharapkan akan memiliki ketrampilan dalam riset dan memahami model pasar, mengeksekusi komunikasi melalui iklan dan berhadapan dengan konsumen. Peminatan utama Komunikasi Massa mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di industri media massa. Ada dua pengkhususan lagi di dalam peminatan ini, yaitu Penyiaran Televisi dimana mahasiswa akan diajarkan pengetahuan di depan dan belakang layar, membuat program televisi, menggunakan kamera hingga menjadi presenter televisi; dan Jurnalisme Media Cetak dan Online yang mendidik mahasiswa secara konseptual filosofis dan praktis secara seimbang untuk menjadi pekerja media yang handal dengan menyediakan fasilitas dan kesempatan magang.

Untuk mendukung pendidikan, tersedia fasilitas laboratorium yang relevan dengan industri yang akan ditekuni lulusan program studi ini, yaitu: Laboratorium TV, Laboratorium Radio; Laboratorium Media dan Laboratorium Public Relations. Dengan pembekalan pengetahuan, kegiatan laboratorium, dan magang untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan, diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami esensi Ilmu Komunikasi sesuai dengan bidangnya dan interaksi dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Prospek karir lulusan Ilmu Komunikasi mencakup profesi seperti: Editor Media, Corporate Media Consultant, Fotografer Jurnalistik, Customer Relations, Marketing Communication, Public Relations, Produser Film, TV, dan Radio, Cameraman, Presenter Televisi, Penyiar Radio, Reporter, Scriptwriter, Music Director, Communication Consultant, Auditor Komunikasi, Communication Entrepreneur dan Communication Researcher. (noel/dit)

 

Facebook Comments