SHARE

Di era saat ini, kreativitas cenderung lebih dihargai dan menjadi suatu komoditas khusus. Dalam iklim ini, industri kreatif tumbuh dengan subur. Industri ini membutuhkan pasokan tenaga kreatif, khususnya yang memiliki kualifikasi spesifik dan familier dengan dunia global. Program English for Creative Industry (ECI) UK Petra hadir dan yang menjawab kebutuhan industri yang aktual tersebut.

ECI UK Petra membekali mahasiswa dengan kompetensi atas Bahasa Inggris umum dan  akademik. Selain itu, secara khusus, ECI juga membekali dengan kompetensi bahasa Inggris untuk profesi-profesi di dunia industri kreatif dan juga kompetensi dalam menciptakan karya-karya kreatif dalam bahasa Inggris. Kombinasi antara kreativitas dan penguasaan bahasa Inggris akan menghasilkan lulusan yang karya kreatifnya akan mampu menjangkau dunia global yang lebih familiar dengan bahasa Inggris.

Program ECI mulanya adalah salah satu peminatan didalam program studi Sastra Inggris di tahun 2010. Munculnya kebutuhan industri menjadi latar belakang dalam pengembangan pesat ECI. Sejak 2013, ECI menjadi satu program tersendiri di bawah Fakultas Sastra Inggris UKP. Dalam usianya yang relatif sangat muda, perkembangan pesat di ECI sangatlah kentara. Sebagai contoh, sejak tahun ajaran 2015-2016, hanya 3 tahun setelah awal dibukanya program ini, sudah ada 7 mahasiswa ECI yang menempuh dual  degree melalui kerjasama dengan Dongseo University (DSU), Korea.

Program dual degree yang disediakan bagi mahasiswa ECI menawarkan perpaduan gelar Sarjana Sastra dan Bachelor of Art dalam pembuatan film. Im Kwon Taek College of Film & Performing Arts, departemen di DSU yang menjadi tuan rumah para mahasiswa dual degree ini adalah salah satu pendidikan tinggi perfilman yang terbaik di Asia. Untuk membantu memperluas kesempatan para mahasiswa untuk meraih pendidikan global melalui program dual degree, disediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan memiliki passion di dunia industri kreatif

Dalam rangka mengenalkan dan menumbuhkan passion mahasiswa pada industri kreatif, disediakan banyak wadah dan fasilitas. Petra Little Theatre memberikan ruang tampil untuk mengaktualisasi bakat dan minat pada dunia seni penampilan panggung. Dalam memproduksi suatu penampilan, mahasiswa menyelami secara mendalam kegiatan yang dilakukan di industri kreatif, seperti: script writing, acting, dan directing. Selain itu, ECI juga memberikan pengalaman internasional dalam berbagai bentuk perkuliahan. Pada bulan November 2015 lalu, ECI menghadirkan Livi Zheng, sineas Indonesia yang berkarya di Hollywood, dalam kuliah tamu. ECI juga menghadirkan native speaker sebagai dosen tetap, mereka adalah Jon Derek Guffy, B.Sc., M.Ed.; dan Jeffery Todd Bridges, B.Sc., M.Ed. Untuk memungkinkan pengalaman global yang lebih dalam lagi, ECI juga menghubungkan mahasiswa dengan perkuliahan internasional melalui program student exchange. (noel)

Facebook Comments