SHARE

Industri konstruksi yang makin berkembang dan kompleks menuntut kualifikasi sumber daya manusia (SDM) makin tinggi di dunia konstruksi, di sisi lain tidak banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan jenjang pendidikan doktoral bidang teknik sipil. Mencermati permasalahan ini Universitas Kristen (UK) Petra membuka Program Doktoral Teknik Sipil berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 92/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Ilmu Teknik Sipil Program Doktor. Program yang mulai menerima mahasiswa sejak semester genap 2016/2017 ini merupakan kontribusi UK Petra untuk membantu pemerintah dalam pemerataan pendidikan di  kawasan Indonesia Timur dan Barat.

Visi yang diusung adalah menghasilkan lulusan doktoral teknik sipil yang berwawasan global dengan keilmuan yang menunjang pembangunan berkelanjutan dan peduli pada kemanusiaan dan lingkungan dengan berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani. Misi yang diemban adalah menghasilkan lulusan doktoral teknik sipil yang mampu menghasilkan ilmu, teori, teknologi maupun mengaplikasikan keilmuan yang baru dalam teknik sipil yang ditunjukkan dengan publikasi jurnal internasional terakreditasi.  Selain itu, meningkatkan khasanah ilmu dalam bidang teknik sipil yang dilakukan dengan penelitian berkelanjutan sesuai kondisi lokal Indonesia, juga meningkatkan SDM dengan memberikan pendidikan tertinggi dalam bidang teknik sipil sehingga penyebaran ilmu dapat tercapai lebih cepat.

Program ini menawarkan konsentrasi Manajemen Konstruksi dan Teknologi serta konsentrasi Struktur dan Material Konstruksi.

Konsentrasi Manajemen Konstruksi dan Teknologi berfokus pada manajemen efisiensi, manajemen resiko, dan rekayasa biaya konstruksi. Pengembangan keilmuan  konsentrasi ini adalah manajemen dan teknologi berdasarkan sustainable construction, pengembangan teori manajemen dan teknologi konstruksi, dan efisiensi biaya dan waktu konstruksi dengan menggunakan teknologi terkini.

Konsentrasi Struktur dan Material Konstruksi berfokus pada struktur tahan gempa, perbaikan struktur, dan material konstruksi ramah lingkungan. Pengembangan keilmuan ini adalah pendalaman struktur tahan gempa bangunan tinggi dan tradisional, pemeliharaan dan perbaikan bangunan tinggi, material struktural bangunan tahan gempa, dan material konstruksi ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Dalam studi, mahasiswa akan menempuh 42 satuan kredit semester selama enam semester termasuk perkuliahan pada awal semester yaitu dua mata kuliah sesuai konsentrasi, dua mata kuliah khusus wajib yaitu Leadership dan Sustainable Construction and  Green Technology. Sistem pembelajaran yang dipakai adalah sistem kajian mandiri dan penelitian dalam bidang teknik sipil keilmuan sesuai konsentrasi keilmuan yang diminati mahasiswa dan dikaitkan dengan tema pembangunan berkelanjutan, sehingga mayoritas waktu studi digunakan untuk melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan dalam bentuk publikasi hasil penelitian. Antoni, Ph.D., Ketua Program Studi Doktoral Teknik Sipil UK Petra berkata, “Seiring perkembangan dunia konstruksi yang makin kompleks dan menuntut kebutuhan sumber daya manusia berkualifikasi tinggi, bergabung dengan pendidikan teknik sipil  UK Petra merupakan pilihan yang tepat”. (noel/dit)

Facebook Comments