SHARE

“To learn is to live” kata Sofian Arif Susanto ketika ditanyai motto yang dipegangnya dalam kehidupan. Sofian adalah wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dari Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Petra. Pria kelahiran Surabaya 24 tahun yang lalu ini mencatatkan IPK 3,77. Prestasi penggemar olahraga renang dan bela diri ini dicapai di tengah kesibukannya sebagai direktur perusahaan konstruksi. Saat menempuh studi, Sofian mengidentifikasi bahwa bidang pemasaran dan real estat memiliki potensi yang luar biasa dalam industri konstruksi. Pertimbangan ini mengantarkan Sofian mendaftar kuliah di Magister Teknik Sipil UK Petra konsentrasi studi Manajemen Konstruksi yang memiliki bidang peminatan Manajemen Properti. Dalam peminatan yang diambilnya tersebut, ada mata kuliah Appraisal (Penilaian Properti) dan Real Estate Finance (Keuangan Real Estate) yang kajiannya merupakan kegiatan yang dilakukan Sofian sehari-hari.

Tesisnya berjudul “Perilaku Herding pada Pengambilan Keputusan Investasi di Sektor Perumahan Kelas Menengah”. Metode penelitian tesis ini adalah eksperimental dalam lingkup psikologi-keuangan (behavioral finance) dan dilakukan terhadap pengusaha properti di Surabaya serta mahasiswa keuangan di Surabaya. Perilaku herding adalah perilaku saling mempengaruhi di dalam satu kelompok. Dalam studi Sofian, herding ini adalah perilaku ikut-ikutan dalam mengambil keputusan investasi properti. Hasil dari penelitiannya adalah pria memiliki kecenderungan untuk ikut-ikutan (herding) lebih tinggi dari wanita.

Menurutnya perkuliahan di S2 menjadi pemicu untuk terus belajar, khususnya di bidang hukum dan perilaku manusia dalam dunia properti.  Sofian berharap dengan ilmu pengetahuan yang didapatkannya dapat memberikan manfaat positif dalam pekerjaannya kelak.(noel/dit)

Facebook Comments