SHARE

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya menjawab kebutuhan dunia komunikasi yang kini makin dinamis dengan membuka dua program baru yaitu Strategic Communication dan Broadcast and Journalism. Peresmian lahirnya dua program baru yang akan diterapkan pada tahun 2020/2021 ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., pada 16 Maret 2019 di Hotel Ciputra World Surabaya. “Kami mendesain kurikulum untuk dapat sangat akomodatif dengan era komunikasi 4.0, harapan kami dengan dibukanya dua program ini kami dapat memberikan yang terbaik untuk calon-calon mahasiswa yang nantinya akan dididik menjadi calon-calon lulusan yang dapat memiliki karir yang cerah di kemudian hari,” ujar Dr. Ido Prijana Hadi, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UK Petra.

Program Strategic Communication berfokus pada bidang Public Relations dan manajemen komunikasi, lulusannya dapat bekerja di ranah korporasi, lembaga non profit dan juga pemerintahan. Sementara Program Broadcast & Journalism mewadahi mahasiswa yang berminat mendalami dunia media baik konvensional, digital, maupun online. Berbagai kegiatan digelar dalam rangka launching program baru ini diantaranya Pameran karya, Seminar Nasional, Workshop, serta final Communiphoria.

Tema yang diusung dalam Seminar Nasional dan Workshop adalah “Communication: Changing and Challenging”, hal ini karena perubahan memiliki banyak peluang tetapi juga tantangan. Para narasumber memaparkan peluang dan tantangan dalam dunia komunikasi berdasarkan pengalamannya. Seminar Nasional menghadirkan dua Narasumber yakni Firsan Nova, Managing Director Nexus Risk Mitigation and Strategic Communication, serta Budiono Darsono, Presiden Komisaris Kumparan.com. Berasal dari bidang kerja yang berbeda, kedua narasumber sepakat bahwa situasi hidup saat ini berubah, generasi milenial adalah generasi yang suka kebebasan dan tidak terduga. “Program Strategic Communication menjadi sangat penting, bagaimana caranya berkomunikasi di saat susah. Menghadapi krisis itu membutuhkan strategi ,” ujar Firsan Nova.

Sementara Budiono Darsono mengungkapkan bahwa tugas universitas adalah mempersiapkan kompetensi sumber daya manusia yang baik, agar kompetensi yang bermutu dan berkualitas ini dapat masuk ke industri dengan tepat dan diterima dengan baik. Sesi workshop menghadirkan dua pembicara yaitu Daniel Budiana, S.Sos., M.A., membawakan Workshop bertajuk Creative Content For Youtube. Sementara Amelia Sidik, S.Sn., M.CA., Ph.D. membawakan topik School Branding. Workshop diikuti oleh perwakilan-perwakilan dari sekolah mitra UK Petra. (rut/Aj)

Facebook Comments