SHARE

Tiga mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) meraih juara 1 dalam ajang Epicentrum 2018 yang digelar oleh Universitas Padjajaran, Bandung. Lavenia Pili Roboh, Tipta Santa Tampubolon, dan Ricky Ciputra berhasil mengalahkan perwakilan dari universitas-universitas ternama di Indonesia dalam kategori lomba Specture (Speak The Truth). Mengangkat tema “solve the misconceptions”, Specture merupakan lomba membuat program siaran radio berupa audio feature dengan topik tertentu.

Terdapat empat pilihan topik yaitu politik, olah raga, sekolah, dan lingkungan. Ketiganya memilih topik olah raga dan membahas tentang suporter kesebelasan Persebaya Surabaya yaitu bonek. Pada babak penyisihan, tim diminta membuat radio feature berdurasi maksimal lima menit serta melampirkan proposal secara online. “Kami memilih topik olah raga yaitu Pesan Damai Suporter Sepak Bola, yaitu bonek. Kami ingin mencari sesuatu yang baru, kami kira pasti akan banyak yang memilih topik politik, sehingga kami ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda,” ujar Lavenia.

Selama ini, Bonek memiliki citra yang kurang baik, namun tidak banyak yang tahu bahwa bonek mulai mengembangkan gerakan-gerakan positif, seperti Bonek Care dan Bonek Academy. Bonek Care merupakan gerakan bonek menggalang dana untuk korban bencana alam. “Kami ingin mengangkat sisi positif dari bonek, sebelumnya kami juga mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait bonek, salah satunya dari Pak Obed, dosen DKV UK Petra yang bergerak di bonek writer forum,” ungkap Ricky.

Pada babak final, terpilih lima tim terbaik yang diminta membuat program radio berdasarkan topik radio feature yang telah dikumpulkan pada penyisihan. Di babak final ini, ketiganya mengupas program bonek satu-persatu. Mereka terbagi menjadi dua penyiar dan satu bertugas menjadi operator. Berkat konten yang rapi dan lengkap, mereka berhasil meraih juara 1 dan mendapatkan sertifikat, plakat, dan uang senilai Rp. 3.000.000,-. (rut/Aj)

Facebook Comments