SHARE

Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menyelenggarakan Bharatika Creative Design Festival 2019. Bharatika 2019 dilaksanakan pada 26-28 April 2019 di Balai Pemuda Surabaya dan kali ini, tema yang dipilih adalah Sukacipta. “Kami menggambarkan Sukacipta adalah suatu perasaan sukacita setelah melewati proses menciptakan suatu ide dan mewujudkannya menjadi sesuatu yang nyata,” ujar Velisia Ollin Tandiana, selaku Ketua Panitia Bharatika 2019.

Bharatika terdiri dari berbagai rangkaian acara meliputi lomba, creative talk, workshop, pameran, dan awarding night. “Bharatika merupakan wadah bagi insan muda kreatif untuk berkompetisi dalam kategori mahasiswa dan juga pelajar menengah atas, baik dalam maupun luar negeri. Secara khusus bagi mahasiswa dan pelajar kreatif di Indonesia, kegiatan ini dapat menjadi ajang pembuktian kualitas kreativitas diri dalam mempersiapkan diri bersaing di dunia industri kreatif secara global,” ujar Dr. Yusita Kusumarini, S.Sn.,M.Sn., selaku Dekan Fakultas Seni dan Desain UK Petra.

Tahun ini, terdapat empat kategori yang terdiri dari 12 lomba. Kategori lomba ini meliputi Tirta untuk Desain Komunikasi Visual, Agni untuk Desain Interior, Bayu yaitu lomba Desain Produk, dan Buana untuk Siswa SMA. Terdapat dua creative talk yaitu Branding Karya Lokal ala Handoko Hendroyono, co-founder Filosofi Kopi, dan Menggali Sustainable Design bersama Singgih S. Kartono, founder dan desainer produk Magno, sepeda bambu Spedagi dan penggagas Pasar Papringan.

Dalam Bharatika 2019, workshop yang diselenggarakan adalah workshop 3D motion graphic oleh Sistpro Indonesia dan membuat trinket dish dari bahan-bahan plastik bekas sekali pakai oleh WARP. Selain kegiatan-kegiatan diatas, Bharatika juga dimeriahkan dengan creative market dan juga penampilan live music. (rut/Aj)

Facebook Comments