SHARE

Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri UK Petra menggelar acara Festival of Materials yang diselenggarakan pada 20-31 Mei 2019 yang lalu dengan bekerja sama dengan Perpustakaan dan LPPM UK Petra. “Acara yang baru pertama kali diadakan ini mengundang anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 4-6 sebagai pesertanya. Mereka akan mengenal sifat-sifat material secara lengkap.”, ungkap Timotius Kevin Ronald Santoso selaku  koordinator acara.

Berbagai kegiatan telah disiapkan mulai pukul 08.30-12.00 WIB tersebut diantaranya pameran poster, demo interaktif hingga lomba untuk mengenalkan jenis material pada mobil. “Perkenalan sejak dini tentang material ini agar anak-anak paham yang termasuk jenis material itu apa saja dan bisa diterapkan dalam produk mesin dan industri.”, urai Kevin.

Peserta diantaranya berasal dari 29 peserta asal SD Pelangi Kristus dan 20 peserta yang berasal dari Vita School.  Kegiatan ini diadakan di dua tempat yaitu di lantai 6 perpustakaan UK Petra untuk melihat pameran. Mereka ditemani oleh tutor yang akan menjelaskan karya-karya yang sedang dipamerkan. Kemudian dilanjutkan menuju gedung Q yang dibagi menjadi dua tempat yaitu lab metalurki dan basement gedung Q.

Saat berada di basement gedung Q,  anak-anak mengikuti lomba menebak material apa saja yang terdapat di mobil. Setiap anak diminta memberikan jawaban pada selembar sticky notes untuk kemudian ditempelkan pada benda tersebut. Sedangkan saat berada di lab metalurki anak-anak dijelaskan tentang sifat material.

Adapun konten pamerannya meliputi perbedaan karet alam dan karet sintetis, penggunaan material dalam pesawat ulang alik, mengenal aneka rem pada setiap transportasi yang ada hingga penggunaan material dalam sepatu dan sandal jepit. Antusiasme anak-anak terlihat saat mengikuti kegiatan ini, mereka tampak aktif ikut bertanya di setiap sesi. (mgn/Aj)

Facebook Comments