SHARE

Program Studi (prodi) Teknik Sipil Universitas Kriten Petra (UK Petra) menggelar seminar bertajuk “Sustainable Construction Material For A Better Future” pada 14 November 2019 di Auditorium EH UK Petra. Seminar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis prodi Teknik Sipil ke-57 tahun. Bertepatan dengan memperingati Dies Natalis, diberikan juga sebuah apresiasi dan penghargaan untuk Petra Best Talents, yaitu para mahasiswa Teknik Sipil UK Petra yang memenangkan berbagai kompetisi tingkat Nasional/Internasional, dan penghargaan untuk para dosen prodi Teknik Sipil.

Menghadirkan tiga pembicara untuk seminar yaitu, Distinguished Prof. Ta-Pheng Chang, Ph.D., dari National Taiwan University Of Science And Techbology (NTUST) yang  berbicara mengenai “Some Potential Construction Materials For Future Concrete Structures”. 

Prof. Stefanus Adi Kristiawan, S.T., M.Sc., Ph.D. dari Universitas Sebelas Maret yang membawakan tentang “Selection Of Sustainable Concrete Based On Eco-Mechanical-Durability Index”. “Sustainability akhir-akhir ini kata ini menjadi satu isu yang mau tidak mau harus kita ikuti, dalam segala aktifitas kita harus memikirikan soal sustainability. Ketika kita mengkonsumsi apapun yang kita butuhkan hari ini kita harus ingat bahwa generasi berikutnya juga membutuhkan hal yang sama”., ujar Stefanus.

Kemudian sebagai pembicara ketiga yaitu Antoni PH.D. dari UK Petra dengan mengangkat topik “The Potential Use Of Low Cement Concrete In Construction Industry. “Kalau memakai semen yang banyak, jeleknya yang selalu menjadi concert para kontraktor, owner, dan lain-lain itu adalah cost. Jadi orang itu belum terpikir ending costnya gimana yang penting dipikirkan adalah contactor cost. Tapi kalau semen, costnya langsung di awal. Dan basic materials yang kita tetap pakai kadang kala yaitu air, semen, krikil, dan pasir” ungkap Antoni. (mgn/Aj)

Facebook Comments