SHARE

Sukses menggelar Digital Media Exhibition and Animation Challenge (DXC) 2020, tahun ini International Program in Digital Media (IPDM) dan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra mengadakan DXC National Conference 2021. Kegiatan ini mengangkat tema bertajuk “Creativity, Digital Media, and the Transformative Experience” dan merupakan kelanjutan dari DXC 2020. Acara ini bekerja sama dengan Fakultas Seni dan Desain Universitas Sebelas Maret, Bina Nusantara (BINUS) School of Design, dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

DXC National Conference 2021 mengundang dosen dan mahasiswa untuk penulisan karya ilmiah. Adapun topik dan subtopik yang dibahas yaitu tentang kreativitas, digital media, user, consumer, dan social experience. Kemudian dilanjutkan hari Sabtu 24 April 2021, diadakan konferensi secara daring sebagai puncak acara.

 

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berlangsung melalui Zoom Meeting. Aristarchus Pranayama, MA selaku Koordinator Konferensi Nasional mengawali dengan sambutan. “Terima kasih atas kehadiran semua peserta, termasuk juga para keynote speaker kita yang akan berbagi ilmu pada hari ini,” ucap Aristarchus.  

Selanjutnya, ada empat pembicara yang hadir sebagai keynote speaker. Adhicipta R. Wirawan, SE, M.Ak., Ak., dosen asal Universitas Surabaya (UBAYA) yang membahas mengenai board games. Lalu ada Dermawan (Deddy) Syamsudin, S.Sn., M.Sn., pengajar asal BINUS yang membahas mengenai Diversity Between Motion and Emotion. “Animator harus paham bahwa manusia tidak hanya bergerak, tetapi juga punya emosi,” ujar Deddy.

 

Lalu, Leonard Chrysostomos Epafras, Ph.D., perwakilan dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) yang membahas mengenai agama dan dunia digital. “Saya memberi judul Jalan Ninja Ketujuh Beragama Daring, supaya lebih kekinian dan bisa diterima anak muda,” ucap Leonard. Kemudian yang terakhir, ada Liliana, S.T., M.Eng., Ph.D., yang merupakan dosen Informatika dan IPDM UK Petra. Liliana membawakan presentasi berjudul “VR: dari Multi-Modal UI/UX Menjadi Aplikasi Pendukung Kehidupan Manusia”.

Kegiatan ini menyediakan tiga kelas paralel yaitu Kelas A dengan topik VR/AR/Tech, Kelas B dengan topik Kajian Visual, dan Kelas C dengan topik Perancangan. Kelas A dan C terdiri dari dua sesi, sesi pertama pukul 12.30-14.30 WIB, dan sesi kedua pukul 14.45-16.15 WIB. Sedangkan untuk Kelas B hanya terdiri dari satu sesi saja pada pukul 12.30-14.30 WIB.

DXC National Conference 2021 ditutup dengan pengumuman pemenang karya tulis ilmiah untuk kategori pemakalah dan non-pemakalah. Karya tulis yang terpilih akan dipublikasikan di jurnal Mudra (Sinta 2), Jurnal DKV Nirmana (Sinta 4), atau Lekesan (Sinta 5). (Pat/Aj)

Facebook Comments