Inisiasi ‘Surabaya Restaurant Awards’ 2015 oleh Program Manajemen Perhotelan UK Petra

0

Menjamurnya restauran di Indonesia belakangan ini tak ubahnya menjadi sebuah fenomena tersendiri bagi kalangan pecinta kuliner. Kebutuhan mendasar manusia taktala dipenuhi dengan beragam warna karakter pada hidangan makanan di restauran Indonesia. Industri kuliner Indonesia pun kini semakin maju dan berkembang. Hal ini mendasari Universitas Kristen Petra Surabaya turut memberi apresiasi kepada insan restauran di Surabaya.

Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra yang mendapat dukungan sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Surabaya khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUPDAR), Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (APKRINDO) serta Asosiasi Pusat Belanja Indonesia (APBI) mengadakan Surabaya Restaurant Awards (SRA) 2015 pada tanggal 6 November 2015 di ‘The Dining Town’ Galaxy Mall Lt 4.

‘Surabaya Restaurant Awards’ (SRA) adalah kompetisi yang digelar setiap dua tahunan yang merupakan program penghargaan yang berbasis penelitian. SRA 2015 ini menjadi event ke-7 semenjak digagas pertama kali tahun 2007 dengan memperebutkan Piala Walikota bagi restoran terbaik dan diakui eksistensinya. “Selain itu, kegiatan ini sekaligus digunakan sebagai barometer utama potret kinerja penyedia bisnis jasa makanan khususnya Surabaya di mata konsumen,” ungkap Endo Wijaya Kartika, S.E., M. M selaku Ketua Program Manajemen Perhotelan UK Petra.

Acara ini dihadiri oleh Pejabat sementara Walikota Surabaya yakni Nurwiyatno, Rektor UK Petra, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perwakilan APKRINDO, Perwakilan APBI, dan para calon pemenang penghargaan ‘Surabaya Restaurant Awards’ (SRA) 2015.

“Tujuan Universitas Kristen Petra menginisiasi kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kepada kota Surabaya, agar tercipta sebuah kota yang semakin baik dan nyaman. Selain itu, menciptakan kota Surabaya sebagai tempat destinasi untuk wisatawan. Harapannya, semoga kota Surabaya semakin dicintai oleh masyarakatnya serta mampu menjadi kota destinasi terbaik.”, urai Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr.Eng., selaku Rektor UK Petra. SRA 2015 dilakukan dalam tiga tahap selama 6 bulan yakni mulai bulan April hingga Oktober 2015 oleh tim peneliti

Dalam ajang penelitian ini, terdapat 5 kategori ‘The Best Restaurant’ yang mendapatkan piala SRA yaitu ‘The Best Indonesian Restaurant’ yang diraih oleh Primarasa. ‘The Best Chinese Restaurant’ diraih oleh Moi Garden.‘The Best Japanese Restaurant’ diraih oleh Hachi Hachi Bistro. ‘The Best Western Restaurant’ diraih oleh Domicile dan ‘The Best Cafe’ diraih oleh Starbucks serta 1 kategori tambahan yaitu ‘The Most Favourite Newcomer’ yakni Carls Jr.

SRA yang terdiri dari empat dosen dan 10 mahasiswa Program Manajemen Perhotelan UK Petra. “Terdapat tiga bidang yang diteliti dalam SRA 2015 ini, antara lain  kualitas layanan, kualitas produk dan value dengan tiga tahapan,” ungkap Agustinus Nugroho, SE., MIHM selaku Ketua Tim Peneliti SRA 2015. (fsc)

Share.